Pagi Ini Anies Bersepeda dari Senayan Menuju Balai Kota DKI Jakarta

Anies Baswedan bakal naik sepeda pakai baju batik, guys..

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan bersepeda dari Bundaran Senayan menuju Balai Kota DKI Jakarta pagi ini, Kamis (3/6/2021). Kegiatan ini dalam rangka merayakan "World Bike Day" yang diperingati setiap 3 Juni.

"Dalam rangka World Bike Day besok, pada pukul 06.30 WIB kita akan bersepeda bersama komunitas Bike to Work berangkat dari Bundaran Senayan menuju tempat kerja masing-masing," kata Anies dikutip dari ANTARA, Rabu (2/6/2021) malam.

1. Anies akan naik sepeda ke Balai Kota pakai baju batik

Pagi Ini Anies Bersepeda dari Senayan Menuju Balai Kota DKI JakartaIDN Times/Irfan Fathurohman

Anies mengatakan dia ingin warga Ibu Kota menjadikan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

"Kita ingin warga Jakarta melihat sepeda sebagai alat transportasi bukan hanya alat sport tapi alat transport," ujarnya.

Dia juga mengatakan untuk bersepeda tidak harus menggunakan sepeda khusus, tidak perlu pakai pakaian khusus dan sepatu khusus.

"Pakai sepeda apa saja, baju apa saja yang seperti kita pakai sehari-hari. Saya pun besok berangkat pakai seragam hari Kamis. Hari Kamis kalau di Pemprov pakainya baju batik," tutur Anies.

Baca Juga: Catat! Ini Aturan Pesepeda Road Bike Melintas di Sudirman-Thamrin 

2. Anies ingin menjadikan sepeda alat transportasi bagi warga Jakarta

Pagi Ini Anies Bersepeda dari Senayan Menuju Balai Kota DKI JakartaIDN Times/Gregorius Aryo Damar P

Anies pun menekankan dirinya ingin menggalakkan sepeda sebagai alat transportasi dan membiasakan menggunakan sepeda untuk kegiatan yang jangkauan jaraknya tidak terlalu jauh termasuk berangkat kerja.

"Bersepeda itu tidak melelahkan bila kecepatannya rendah itu seperti jalan kaki saja, mengayuhnya pun ringan jadi sehat untuk dirinya dan sehat untuk lingkungannya. Itu pesan utama dari World Bike Day di Jakarta 3 Juni 2021," ucapnya.

3. Pesepeda road bike kini bisa melintas di luar jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin

Pagi Ini Anies Bersepeda dari Senayan Menuju Balai Kota DKI JakartaLayanan penjagaan pesepeda Jagowes (Instagram/Jagowes)

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya telah memberikan keleluasaan bagi pesepeda road bike untuk melintas di luar jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, ada beberapa poin yang disepakati, salah satunya memberikan ruang bagi pesepeda road bike pada hari kerja Senin-Jumat, dengan pengaturan waktu pukul 05.00-06.30 WIB.

"Ini berikan ruang kepada para pengguna sepeda untuk sport yang katanya kecepatannya itu tidak memadai kalau menggunakan jalur sepeda yang sudah disediakan. Jadi kita mengakomodir sebagai bagian dari win-win solution," ujarnya di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: KPK Telusuri Dugaan Keterlibatan Anies di Kasus Korupsi Tanah Munjul

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya