Panitia Seleksi Umumkan 14 Nama Calon Anggota Baru Komnas HAM 

Para calon akan jalani fit and proper test di DPR

Jakarta, IDN Times - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI 2022-2027 sudah menetapkan 14 nama calon anggota baru untuk diajukan dalam uji kelayakan atau fit and proper test di DPR.

"Para calon anggota yang terpilih telah melalui lima tahapan seleksi," kata Ketua Tim Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI, Makarim Wibisono, dalam keterangan persnya, Selasa (23/8/2022).

Kelima tes itu adalah tes administrasi, tes tertulis obyektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara, dan tes kesehatan.

Baca Juga: Komnas HAM Kawal 3 Kasus Dugaan Pelanggaran HAM di Papua

1. Nama 14 calon anggota Komnas HAM

Panitia Seleksi Umumkan 14 Nama Calon Anggota Baru Komnas HAM Keterangan pers hasil tes wawancara Pansel Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027 oleh Panitia seleksi calon anggota Komnas HAM RI, Prof. Dr Makarim Wibisono (dok. Humas Komnas HAM)

Adapun ke-14 nama calon anggota Komnas HAM itu adalah sebagai berikut:

  1. Abdul Haris Semendawai
  2. Amiruddin Al Rahab
  3. Anis Hidayah
  4. Antonio Pradjasto Hardojo
  5. Atnike Nova Sigiro
  6. Beka Ulung Hapsara
  7. Chrisbiantoro
  8. Hari Kurniawan
  9. Prabianto Mukti Wibowo
  10. Pramono Ubaid Tanthowi
  11. Putu Elvina
  12. Rita Serena Kolibonso
  13. Saurlin P Siagian
  14. Uli Parulian Sihombing

Baca Juga: Marahi Ferdy Sambo, Komnas HAM: Kok Tega Jadikan Bharada E Tumbal? 

2. Ada 96 orang yang lulus proses administrasi

Panitia Seleksi Umumkan 14 Nama Calon Anggota Baru Komnas HAM Komnas HAM bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana pada Senin (16/11/2020) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Makarim mengatakan, selama periode pendaftaran, tercatat ada sebanyak 1.536 orang yang membuat akun di aplikasi pendaftaran.

Dari jumlah tersebut, terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan. Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan (19 persen) dan 91 orang laki-laki.

"Dari jumlah pelamar tersebut terseleksi menjadi 96 orang yang lolos administrasi," katanya.

Baca Juga: Komnas HAM Kawal 3 Kasus Dugaan Pelanggaran HAM di Papua

3. Berasal dari berbagai latar belakang

Panitia Seleksi Umumkan 14 Nama Calon Anggota Baru Komnas HAM Komnas HAM (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Adapun latar belakang pendaftar berasal dari berbagai bidang. Di antaranya petahana anggota Komnas HAM, advokat, aktivis, akademisi, jurnalis, aparatur sipil negara (ASN), dan wiraswasta.

Dalam tahapan akhir yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2022, terdapat sebanyak 27 calon anggota yang menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Sementara, tahapan wawancara yang dilaksanakan terbuka untuk publik diselenggarakan pada 8-11 Agustus 2022 di Perpustakaan Nasional.

Baca Juga: Wamenkumham Temui Komnas HAM dan Komnas Perempuan 

4. Optimistis nama-nama terpilih kredibel

Panitia Seleksi Umumkan 14 Nama Calon Anggota Baru Komnas HAM Keterangan pers hasil tes wawancara Pansel Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027 oleh Panitia seleksi calon anggota Komnas HAM RI, Prof. Dr Makarim Wibisono (dok. Humas Komnas HAM)

Makarim mengatakan, selain kapasitas dan klarifikasi jejak rekam individu, para peserta seleksi calon anggota Komnas HAM juga menyampaikan motivasi, gagasan, dan strategi masing-masing. Utamanya yang terkait perkembangan institusi Komnas HAM baik di tingkat nasional maupun global.

"Komnas HAM RI optimistis hasil kerja Tim Pansel dapat memberikan nama-nama calon anggota yang kredibel dalam memperjuangkan masa depan hak asasi manusia di Indonesia," kata dia.

Disamping itu, Makarim juga berharap agar proses seleksi tersebut mampu meningkatkan peran Komnas HAM sebagai garda terdepan pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia.

Baca Juga: Hasil Autopsi Brigadir J Pertama Diragukan, Komnas HAM: Kita Legowo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya