Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 Ribu

Warga rela antre demi sekotak masker

Jakarta, IDN Times - Perumda Pasar Jaya menyediakan satu juta masker di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (5/3).

Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan pembelian masker dibatasi satu kotak per orang. Pembelian dilakukan di JakMart dan setiap pembeli diwajibkan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menghindari pembelian berulang.

"Persyaratan KTP sebenarnya cuma ingin memastikan bahwa mereka itu bukan sembarangan beli dan kemudian kita record, sehingga kalau kemudian ada trader bolak-balik, beli bolak balik, tercapture sama kita," kata  Arief di JakMart, Pasar Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (5/3).

Reporter IDN Times turut serta berbaris di antara warga yang berbondong-bondong membentuk barisan guna membeli masker tersebut.

1. Toko belum dibuka, antrean sudah mengular

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 RibuSuasana antrian pembelian Masker di Pasar Pramuka saat IDN Times ikut mengantre (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelum resmi dibuka sekitar pukul 16.00 WIB, menurut pantauan IDN Times sudah banyak masyarakat yang mengantremenunggu pintu JakMart dibuka oleh pihak Perumda Pasar Jaya.

Reporter IDN Times mulai mengantre sekitar pukul 17.20 WIB. Pada saat itu antrean tidak terlalu panjang, hanya ada beberapa orang yang mengantre di depan

Tetapi, tak sampai lima menit, antrean di belakang kami bertambah beberapa orang.

2. Antrean terdiri dari beragam orang

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 RibuSuasana antrian pembelian Masker di Pasar Pramuka setelah Pasar Jaya umumkan harga Rp125 ribu per kotak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mereka terdiri dari pemuda, pemudi, pasangan, pria tua bahkan ibu yang membawa anak. Salah seorang ibu yang mengantre di belakang mengatakan bahwa dia langsung mengantre setelah tahu ada masker dengan harga Rp125 ribu di Pasar Pramuka.

"Tadi liht juga sih di Instagram, jadi langsung ke sini," katanya.

3. Dijaga petugas keamanan Pasar Pramuka

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 RibuSuasana antrian pembelian Masker di Pasar Pramuka setelah Pasar Jaya umumkan harga Rp125 ribu per kotak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Antrean dibagi menjadi dua barisan agar tidak terlalu mengular, karena area JakMart ini dekat dengan tangga pasar.

Di depan pintu masuk JakMart, berdiri seorang securiti yang mengatur laju masuknya pembeli.

Dia membatasi jumlah pembeli yang masuk ke dalam area toko, yakni hanya empat orang yang boleh masuk.

Ketika ditanya apa besok dia masih menjaga di JakMart lagi atau tidak, dia menjawab tak tahu, karena ini adalah permintaan pihak JakMart.

"Kitakan hanya diperbantukan," ujarnya.

4. KTP non DKI boleh membeli masker di JakMart

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 RibuIlustrasi E-KTP. IDN Times/Asrhawi Muin

Setelah menunggu sekitar 10 menit, akhirnya giliran IDN Times masuk ke dalam untuk membeli masker.

Dengan membawa KTP dan uang Rp125 ribu, masker pun langsung diberikan. Sebelumnya ada seorang ibu membeli masker dengan menunjukkan Kartu SIM.

Walau dijual di wilayah DKI, pemilik KTP non DKI dapat membeli masker ini. Reporter IDN Times sendiri merupakan pemilik KTP asal Banten.

Entah SIM Jenis apa namun penjaga toko membenarkan penggunaan SIM sebagai bukti beli.

"Iya SIM boleh," kata dia.

5. Pembelian tidak boleh diwakilkan

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 RibuSuasana antrian pembelian Masker di Pasar Pramuka setelah Pasar Jaya umumkan harga Rp125 ribu per kotak (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ketika ditanya apakah pembelian dapat diwakilkan hanya dengan membawa KTP atau identitas pembeli yang menitip, petugas toko mengatakan hal tersebut tidak diperbolehkan.

Sejak mulai dibuka ratusan kotak telah habis terjual. "Lebih dari 200 (kotak) kayanya," katanya.

6. Membawa pulang satu kotak masker yang disediakan Pemprov DKI

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 RibuKonferensi pers Pasar Jaya di Pasar Pramuka terkait kelangkaan masker (IDN Times/Lia Hutasoit)

Akhirnya IDN Times membawa pulang satu kotak masker dengan harga Rp125 ribu yang disediakan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya mengurangi harga masker yang mahal di pasaran karena virus corona atau COVID-19.

JakMart Pasar Pramuka tutup sekitar pukul 19.00 WIB dan Hanya buka Senin-Jumat saja

Pasar Jaya Sediakan Masker Murah, Sekotak Dibanderol Rp125 Ribu(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Rasio Angka Kematian karena Virus Corona Bergantung pada Usia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya