Pembatasan Saat Masuk Stasiun KRL Timbulkan Penumpukan Penumpang

Perdebatan penumpang vs petugas keamanan stasiun pun terjadi

Jakarta, IDN Times - Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kawasan Bogor dan Depok memasuki hari kedua sejak diberlakukan mulai Rabu (15/4). Sedangkan PSBB di DKI Jakarta telah berlangsung selama enam hari.

Namun, sejumlah stasiun kereta dari arah Bogor menuju Jakarta masih terlihat banyaknya penumpang pagi ini, Kamis (16/4).

Melalui media sosial, terlihat masih adanya penumpukan penumpang di beberapa stasiun, karena penumpang dibatasi ketika ingin masuk ke dalam area stasiun.

1. Perdebatan antara penumpang dan petugas karena pembatasan

Lewat akun Instagram @dramakrlcommuterline terlihat adanya perdebatan antara penumpang dengan petugas keamanan di stasiun Bogor. Hal ini berkaitan dengan pembatasan masuk ke area stasiun.

Sebuah video tanpa suara yang dikirim oleh warganet tersebut memperlihatkan sejumlah penumpang terhalang untuk masuk ke dalam area stasiun namun mereka menumpuk di bagian luar sebelum tap in dan out tiket KRL.

Baca Juga: PT KCI akan Patuh Jika Pemerintah Minta KRL Setop Beroperasi saat PSBB

2. Kondisi ramai calon penumpang di luar stasiun sejak subuh

Hal yang sama juga terjadi di Stasiun Bojong Gede, Bogor. Penumpang terhalang masuk ke dalam area stasiun karena adanya pembatasan penumpang.

Lewat gambar yang dibagikan terlihat bahwa kejadian itu berlangsung pada pukul 05.02 WIB.

3. Operasional KRL selama PSBB

Pembatasan Saat Masuk Stasiun KRL Timbulkan Penumpukan PenumpangSuasana KRL pada Rabu, 15 April 2020 (Twitter/@9321Bar)

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menjelaskan bahwa pihaknya tetap melayani pelanggan di kawasan Jabodetabek sesuai dengan waktu PSBB pada Kamis (16/4) dan Jumat (17/4).

Pihak KCI telah mengetahui usulan dari lima kepala daerah di wilayah Jawa Barat untuk menghentikan sementara operasional KRL ini.

"Sampai saat ini pembahasan usulan tersebut masih dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, PT KAI, dan PT KCI. Selama dalam pembahasan, pada 16-17 April ini KRL Commuter Line masih beroperasi sebagaimana  masa PSBB," kata Manager External Relations KCI Adli Hakim, dikutip dari Antara, Kamis (16/4).

Baca Juga: KRL Hari Ini Disebut Lebih Kondusif, tapi Jalanan Jakarta Masih Ramai 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya