Comscore Tracker

Pemprov DKI Kerja Sama dengan Jatim Bidang Industri Senilai Rp3,925 M

Kerja sama industri, perdagangan hingga kebutuhan pangan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Pemprov Jawa Timur melakukan kerja sama pembangunan antardaerah. Kolaborasi ini dibagi dalam tiga bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS), yakni Kerja Sama Industri dan Perdagangan, Rencana Komunitas Kebutuhan Pangan, serta Pemesanan dan Pembelian senilai Rp3,925 miliar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan DKI Jakarta memiliki sekitar 17-18 persen aktivitas perekonomian di Indonesia untuk dikontribusikan ke seluruh provinsi.

"Di sisi lain, kami di Jakarta adalah kota jasa yang memiliki ketergantungan pada komoditi dari luar daerah, khususnya yang menyangkut kebutuhan dasar amat tinggi. Jika dihitung, bisa lebih dari 98 persen dari pasokan kebutuhan pangan," ujar Anies seperti dikuti dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga: Fakta Gempa Magnitudo 5,9 di Jawa Timur, BMKG: Bukan Megathrust

1. BUMD DKI kelola supplay kebutuhan

Pemprov DKI Kerja Sama dengan Jatim Bidang Industri Senilai Rp3,925 MIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Anies mengatakan di Pemprov DKI Jakarta juga telah terdapat pembagian tugas, yakni Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengelola demand, sedangkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengelola supply, untuk memastikan ukuran, jumlah, serta lokasinya. Sehingga distribusi pasokan untuk kebutuhan warga Jakarta lebih optimal dan efisien.

"Artinya apa? Kebutuhan dipercayakan kepada mekanisme pasar, ketika BUMD beroperasi. Kita menginginkan hal ini agar makin hari pasar yang ada di Jakarta makin bisa terpenuhi dengan baik. Lalu, indikasi paling sederhana dari bertemunya pasokan dengan kebutuhan secara baik adalah ketika ada stabilitas harga, ada inflasi yang terkendali, maka dampaknya se-Indonesia," kata dia.

2. Jawa Timur jadi salah satu produsen pangan di Jakarta

Pemprov DKI Kerja Sama dengan Jatim Bidang Industri Senilai Rp3,925 MPengunjung melintasi salah satu toko di Pasar Baru, Jakarta, Senin (8/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan normal baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Anies mengatakan Jawa Timur adalah salah satu daerah produsen kebutuhan pangan di Jakarta. Dia juga berharap kerja sama tersebut sangat berguna bagi kedua daerah dengan pasokan dan harga yang sesuai.

"Semoga pertemuan ini manfaatnya bisa dirasakan semua rumah tangga di  Jakarta dan Jatim. Jangan lupa, kita bertemu hari ini bukan sekadar keuntungan lebih tinggi, bukan sekadar peluang bisnis lebih besar, tetapi ujungnya adalah menghadirkan keadilan sosial bagi semua yang terlibat di sini," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

3. Wagub Jatim sebut sepertiga ekonomi Indonesia ada di dua provinsi ini

Pemprov DKI Kerja Sama dengan Jatim Bidang Industri Senilai Rp3,925 MWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Sementara, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Dardak mengatakan perjanjian ini bukan hanya urusan perdagangan bisnis, tetapi juga terkait hubungan persaudaraan antarkedua daerah. Dia mengatakan jika digabungkan, sepertiga ekonomi Indonesia ada di Jakarta.

"Kami berterima kasih atas kesempatan ini bisa menjalin persahabatan. Kegiatan ini bisa mempererat hubungan dagang sekaligus persaudaraan. Ini yang terlihat dengan sangat luar biasa. Kalau digabung, sepertiga ekonomi Indonesia itu ada di Jakarta dan Jatim. Maka, semakin erat komunikasinya, insyaallah semakin baik," ujar Wagub Emil.

Baca Juga: PPDB Madrasah di DKI Jakarta 2021, Ini Jadwal dan Alur Pelaksanaannya

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya