Comscore Tracker

Pemprov DKI Lakukan Pematangan 10 Hektare Lahan di TPU Rorotan

Tanah pematangan diambil dari waduk

Jakarta, IDN Times -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pematangan lahan tempat pemakaman umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Melansir dari Instagram resmi @dkijakarta, terlihat proses pematangan lahan yang akan menampung jenazah pasien COVID-19 tersebut.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Yusmada Faizal, mengungkapkan untuk saat ini pematangan lahan dilakukan pada lahan seluas 10 hektare dari 25 hektare lahan yang tersedia.

"Bagaimana kita fokus mempercepat kesiapan tanah matang ini, tanah matang ini luasnya 25 hektare, nah coba kita lihat bagaimana 10 hektare dulu deh. 10 hektare itu hitung berapa kebutuhan tanahnya, baru kita hitung berapa harus backup dumb truck-nya," kata Yusmada, Kamis (15/7/2021).

1. Pematangan lahan menggunakan tanah pengerukan dari waduk

Pemprov DKI Lakukan Pematangan 10 Hektare Lahan di TPU RorotanPemakaman jenazah pasien COVID-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara (4/7/2021). (IDN Times/Uni Lubis)

Lahan TPU Rorotan seluas 25 hektare pertama kali dioperasikan pada 26 Maret 2021. Lokasi itu digunakan sebagai permakaman pasien yang meninggal karena COVID-19.

Yusmada mengatakan metode pematangan lahan dilakukan dengan dua cara, yaitu mendatangkan tanah hasil pengerukan waduk di sekitar lokasi seperti waduk JGC, waduk Pulomas, dan waduk di wilayah sekitar Jakarta Timur.

Baca Juga: Sehari 233 Jenazah Dimakamkan di TPU Rorotan, Tertinggi Selama COVID

2. Pematangan lahan juga gunakan tanah pengerukan waduk di TPU

Pemprov DKI Lakukan Pematangan 10 Hektare Lahan di TPU RorotanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan di TPU Rorotan, Jakarta Utara. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, pematangan lahan juga dikerjakan dengan menggunakan tanah hasil pengerukan waduk yang rencana akan dibangun di TPU Rorotan.

"Kalau rencana waduk lima hektare saja, kita keruk dua meter itu kita dapat lagi tanah lima hektare tanah matang," ujar Yusmada.

3. Siapkan 14 unit dump truck

Pemprov DKI Lakukan Pematangan 10 Hektare Lahan di TPU RorotanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan di TPU Rorotan, Jakarta Utara. (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dia mengatakan Dinas Sumber Daya Air menyiapkan 14 unit dump truck dan tiga unit alat berat untuk kegiatan tersebut.

"Jadikan kalau 14 truck sehari bisa dua rit, itu 28 atau 30 masuk di sini, lalu kali 20 kubik, sudah 600 kubik," kata dia.

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya