Pemprov DKI Perluas Area TPU Pondok Rangon untuk Tangani COVID-19

Guna menangani permasalahan terkait pemakaman pasien corona

Jakarta, IDN Times - Dalam menanggulangi penyebaran virus corona atau COVID-19 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan upaya agar setiap prosesnya menjadi baik.

Di sisi pemakaman, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta melakukan pematangan area lahan makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Dilansir melalui akun Instagram resmi Bina Marga DKI Jakarta, pematangan area lahan dilakukan di area khusus pemakaman jenazah COVID-19.

1. Dilakukan guna menangani permasalahan pemakaman pasien COVID-19

Kegiatan pematangan lahan pemakaman ini dilakukan selama lima hari sejak Jumat 27 Maret 2020. Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho mengatakan, pematangan lahan dilakukan guna menangani permasalahan pemakaman jenazah pasien COVID-19.

"Tujuan pematangan lahan pemakaman ini agar permasalahan penanganan pemakaman korban COVID-19 segera tertangani," kata Hari seperti dilansir dari Instagram Bina Marga @binamargadki, Sabtu (4/4).

Baca Juga: MUI: Dosa 2 Kali Orang yang Menolak Pemakaman Jenazah Pasien COVID-19

2. Menggunakan sejumlah alat berat

Pemprov DKI Perluas Area TPU Pondok Rangon untuk Tangani COVID-19Ekskavator diterjunkan dalam perbaikan Jalur utama Ponorogo - Pacitan yang amblas. Dok.IDN Times

Pematangan lahan atau perluasan lahan ini dilakukan dengan menggunakan beberapa alat-alat yang telah disediakan oleh Unit Pengelolaan Peralatan dan Perbekalan Dinas Bina Marga (UP Alkal). Alat yang digunakan di antaranya adalah dengan mengoperasikan alat berat seperti bulldozer dan excavator.

3. Angka pemakaman di Jakarta naik dari bulan-bulan sebelumnya

Pemprov DKI Perluas Area TPU Pondok Rangon untuk Tangani COVID-19Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Senin (30/3/2020).ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Untuk diketahui sebelumnya, seperti sudah diberitakan IDN Times, angka pemakaman jenazah terkait virus corona di DKI Jakarta meningkat drastis. Data dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Pemprov DKI Jakarta per Kamis (2/4) menunjukkan kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Pemakaman yang paling banyak melakukan penguburan adalah TPU Pondok Rangon. Pada Maret 2020 diketahui jumlah pelayanan dan pemakaman di Jakarta mencapai angka 4.377. Rata-rata angka pada tahun 2018 dan 2019 yaitu, 2.774 dan 2.745.

Baca Juga: Cerita Petugas TPU Pondok Ranggon, Sehari Makamkan 10 Jenazah COVID-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya