Comscore Tracker

Pemuda Ethiopia Menang Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis Ababa

Lomba diikuti pemuda Ethiopia dan warga negara Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa menyelenggarakan perayaan Hari Ibu pada 22 Desember 2019 di Addis Ababa, Ethiopia. Selain menggelar upacara, KBRI Addis Ababa Bersama Darma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Addis Ababa juga melaksanakan perlombaan memasak.

Menu yang dipilih adalah nasi goreng. Namun yang unik adalah pemenang lomba ini bukan warga negara Indonesia, melainkan sejumlah pemuda Ethiopia.

Lomba memasak nasi goreng diselenggarakan di ruang terbuka, Taman Indonesia, KBRI Addis Ababa. Agenda ini diikuti serta disaksikan oleh masyarakat Indonesia dan Ethiopia.

Nasi goreng dipilih karena digemari oleh masyarakat Ethiopia, terutama bagi mereka yang pernah datang ke Indonesia.

Baca Juga: Forum Pemuda Indonesia-Ethiopia, Diplomasi Ala Millennial Dua Negara

1. Nasi goreng adalah icon Indonesia, banyak dubes negara sahabat di Addis Ababa mengenalnya

Pemuda Ethiopia Menang Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis AbabaPeringatan Hari Ibu KBRI Addis Ababa selenggarakan lomba memasak nasi goreng (Doc. Istimewa)

Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur mengatakan, pemilihan nasi goreng sebagai masakan yang dilombakan karena nasi goreng sangat terkenal, enak, menjadi icon Indonesia, serta mudah dimasak.

"Banyak Duta Besar negara sahabat di Addis Ababa yang mengenal nasi goreng mengatakan secara bercanda, hanya mau datang ke kediaman saya apabila ada nasi goreng Indonesia,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (23/12).

2. Juri-juri dalam lomba memasak nasi goreng, 3 WNI dan 3 WN Ethiopia

Pemuda Ethiopia Menang Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis AbabaPeringatan Hari Ibu KBRI Addis Ababa selenggarakan lomba memasak nasi goreng (Doc. Istimewa)

Terdapat enam orang juri dalam perlombaan ini yakni ketua dan anggota DWP KBRI Addis Ababa Wenny Busyra, Aan Sugeng, dan Imelda Juang.

Sementara tiga juri lainnya adalah ibu-ibu warga negara Ethiopia yang sudah bekerja 30, 41, dan 51 tahun di Wisma kediaman Duta Besar RI, yaitu Ashu Demma (bekerja di kediaman Dubes RI sejak 1967), Almash Negushe (sejak 1979), dan Askale Waldarufail (sejak 1989).

“Ketiga ibu-ibu Ethiopia yang bekerja di kediaman Duta Besar RI sangat pintar memasak masakan Indonesia. Jika banyak tamu yang datang, mereka ikut membantu membuat dan menghidangkan masakan Indonesia bersama Chef Duta Besar RI, Adi Putra Candra, yang datang langsung dari Indonesia,” kata Ketua DWP KBRI Addis Ababa Wenny Busyra.

3. Peserta belum punya pengalaman memasak nasi goreng

Pemuda Ethiopia Menang Lomba Masak Nasi Goreng di KBRI Addis AbabaPeringatan Hari Ibu KBRI Addis Ababa selenggarakan lomba memasak nasi goreng (Doc. Istimewa)

Salah seorang peserta lomba mengatakan, ia mendapat pengalaman yang luar biasa. Walaupun belum pernah memasak nasi goreng, namun masakannya habis diserbu penonton lomba.

“Hasilnya, rasa nasi goreng yang saya buat enak. Masakan saya habis dimakan anak muda Ethiopia yang menjadi penonton setelah dinilai juri,” kata Aby Melekot, pemuda Ethiopia yang menjadi peserta lomba.


Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: PM Ethiopia Menangkan Nobel Perdamaian 2019 dan Kalahkan 300 Kandidat

Topic:

  • Sunariyah
  • Lia Hutasoit

Berita Terkini Lainnya