Comscore Tracker

Pengacara Djoko Tjandra Laporkan Akun @xdigeembox ke Bareskrim

Anita Kolopaking disebut membantu Djoko Tjandra kabur

Jakarta, IDN Times - Kuasa Hukum Buronan korupsi kasus hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra yakni Anita Kolopaking melaporkan akun Twitter @xdigeeembok yang membawa namanya dalam sebuah rangkaian cuitan atau utas terkait kasus Djoko Tjandra dengan tanda pagar #YangBantuDjokoTjandraKabur.

Dia melapor ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada Kamis (16/7/2020).

"Kan sudah tahu. Iya betul (melapor utas di Twitter yang menyebut namanya)," kata Anita, kepada awak media di Bareskrim Polri, Jakarta.

1. Kuasa hukum Djoko Tjandra tak banyak bicara

Pengacara Djoko Tjandra Laporkan Akun @xdigeembox ke BareskrimTerpidana kasus cessie Bank Bali, yang sekarang buron dan memiliki kewarganegaraan Papua Nugini, Djoko Tjandra (Dok. ANTARA News)

Anita Kolopaking tidak banyak berbicara ketika ditanya mengenai laporannya kepada polisi. Dia mengatakan bahwa keterangan baru bisa dia berikan setelah laporannya rampung.

"Nanti ya, setelah Laporan Polisi (LP) jadi lebih enak," ujarnya.

Baca Juga: Skandal Surat Sakti Djoko Tjandra, Brigjen Prasetyo Ditahan 14 Hari

2. Anita Kolopaking disebut membantu meloloskan Djoko Tjandra

Pengacara Djoko Tjandra Laporkan Akun @xdigeembox ke BareskrimFoto Dokumentasi ANTARA - Terdakwa kasus Bank Bali sekaligus Dirut PT Era Giat Prima, Djoko S Tjandra mendengarkan tuntutan jaksa penuntut umum dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Rabu (23/2/2000) (ANTARA FOTO/Maha Eka Swasta)

Anita Kolopaking dituding membantu Djoko Tjandra untuk bisa melanglang buana di Indonesia dengan status buron.

Dalam cuitan akun Twitter @xdigeeembok dia disebut membantu menghubungi mantan Karokorwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetyo untuk membuat surat jalan bagi Djoko Tjandra dari Jakarta ke Kalimantan Barat. Cuitan itu dibuat pada Rabu, 15 Juli 2020.

Dia juga disebut melakukan tatap muka dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Nanang Supriatna guna membahas soal pemulihan nama Djoko.

Total ada 41 cuitan yang dilontarkan akun itu hingga Kamis (16/7/2020) pukul 16.27 WIB.

3. Siapa Anita Kolopaking yang disebut bantu Djoko Tjandra?

Pengacara Djoko Tjandra Laporkan Akun @xdigeembox ke Bareskrim(Kuasa hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking) Tangkapan layar program ILC

Melansir dari situs Badan Arbitrase Nasional Indonesia pada Kamis (16/7/2020), Anita Kolopaking adalah sarjana Teknologi Informasi di Sekolah Tinggi Informatika Gunadarma (1992), Sarjana Hukum di Universitas Indonesia (2001), Master di bidang Hukum di Universitas Padjadjaran, dan Doktor bidang Hukum di Universitas Padjadjaran (2009). 

Dia juga mendirikan pendiri Kantor Advokat Anita Kolopaking & Partners yang berlokasi di Jakarta Selatan. 

Anita juga aktif menjadi dosen program S1, S2, dan S3 fakultas Hukum Bisnis Universitas Tarumanegara. 

Baca Juga: IPW Menduga Red Notice Buronan Djoko Tjandra Dihapus Oknum Kepolisian

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya