Comscore Tracker

Penumpang Boleh Buka Puasa di TransJakarta, hanya 10 Menit dari Azan

Makanan menyengat tak diperbolehkan

Jakarta, IDN Times - TransJakarta menetapkan kebijakan baru sehubungan dengan momen Ramadan 2021, yakni dengan memperbolehkan penumpang berbuka puasa di area Transjakarta.

"Bagi pelanggan TransJakarta yang menjalani ibadah puasa namun masih dalam perjalanan diperbolehkan untuk berbuka puasa di area TransJakarta," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta, Angelina Betris dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Dilengkapi Artinya

1. Makan minum hanya berlangsung 10 menit dari azan

Penumpang Boleh Buka Puasa di TransJakarta, hanya 10 Menit dari AzanHalte TransJakarta Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Namun, TransJakarta tetap menekankan bahwa kebijakan ini harus dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Makan dan minum juga hanya diperbolehkan pada saat membatalkan puasa dengan maksimal waktu 10 menit sejak azan Magrib. Masker juga dapat dibuka sementara waktu hanya pada saat berbuka puasa.

2. Buka puasa dengan makanan ringan, air minum atau kurma

Penumpang Boleh Buka Puasa di TransJakarta, hanya 10 Menit dari AzanSpanduk ajakan tidak mudik di Serang, Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Selain itu, Angelina juga menjelaskan bahwa penumpang TransJakarta dapat berbuka menggunakan air minum, kurma atau makanan ringan.

"Tidak diperkenankan mengonsumsi nasi dan lauk pauk, makanan menyengat, dan makanan siap saji lainnya," kata dia.

Baca Juga: Pengguna KRL Dibolehkan Buka Puasa di Gerbong Selama Ramadan

3. Penumpang diminta tak berbicara saat masker dilepas

Penumpang Boleh Buka Puasa di TransJakarta, hanya 10 Menit dari AzanWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Usai makan dan minum, penumpang juga diwajibkan kembali menggunakan masker dan pada saat melepas masker, masyarakat tidak diperkenankan untuk berbicara secara langsung ataupun melalui telepon genggam.

"Tetap menjaga kebersihan dan ketertiban bersama," kata dia,

4. Layanan bagi tenaga medis tetap ada

Penumpang Boleh Buka Puasa di TransJakarta, hanya 10 Menit dari AzanHalte Transjakarta Bundaran HI setelah diperbaiki pasca demo (Dok. Humas Transjakarta)

Selian itu, layanan operasional TransJakarta juga tidak mengalami perubahan baik rute maupun jam operasional.

TransJakarta tetap melayani pelanggam mulai pukul 05.00 - 22.00 WIB dan pukul 22.30 WIB untuk tenaga medis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya