Penumpang Turun 10.000, MRT Jakarta Tambah Waktu Tunggu Jadi 20 Menit

Tetap lakukan physical distancing untuk cegah COVID-19

Jakarta, IDN Times - PT MRT Jakarta (Perseroda) per Senin (30/3) menambah lagi waktu tunggu (headway) menjadi 20 menit. Kebijakan perubahan layanan ini diambil, karena adanya evaluasi jumlah penumpang MRT Jakarta selama sepekan terakhir.

"Jumlah penumpang semakin menurun secara signifikan dibandingkan dengan ketika dalam kondisi normal,” kata Kepala Divisi Sekretaris Korporat Muhammad Kamaluddin, seperti dilansir Antara, Senin (30/3).

1. Penambahan waktu tunggu untuk terapkan physical distancing

Penumpang Turun 10.000, MRT Jakarta Tambah Waktu Tunggu Jadi 20 MenitMRT Jakarta menjadi salah satu transportasi massal favorit masyarakat. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Kamaluddin mengatakan penambahan waktu tunggu menjadi 20 menit ini disesuaikan untuk mendukung gerakan physical distancing atau jarak sosial di ruang publik atau transportasi umum, yang dianjurkan pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta dalam rangka menanggulangi penyebaran virus corona.

Selain pembatasan waktu dan jarak tunggu PT MRT juga dilakukan pembatasan jarak antar penumpang, dengan membatasi jumlah 60 orang dalam satu gerbong.

Penumpang Turun 10.000, MRT Jakarta Tambah Waktu Tunggu Jadi 20 Menit(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Cara Membersihkan Rumah yang Benar, Cegah Virus Corona

2. Penurunan penumpang hingga di bawah 10.000 orang

Penumpang Turun 10.000, MRT Jakarta Tambah Waktu Tunggu Jadi 20 MenitMRT Jakarta (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Pembatasan waktu dan jarak tunggu ini juga dilakukan, karena penumpang MRT semakin menurun hingga di bawah 10.000 penumpang.

Walau pun pada Senin (23/3) jumlah penumpang mencapai 13.430, namun hingga Jumat (28/3) hanya ada 3.309 penumpang.

3. Masyarakat diimbau tidak keluar rumah

Penumpang Turun 10.000, MRT Jakarta Tambah Waktu Tunggu Jadi 20 MenitMRT Jakarta di Depo Lebak Bulus. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Manajemen MRT Jakarta juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu bepergian dahulu jika tidak ada kepentingan yang darurat, guna memperkecil penyebaran virus corona.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) sangat mengharapkan masyarakat untuk tidak bepergian, kecuali untuk kepentingan yang mendesak serta senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan diri sebagai bagian dari upaya bersama menekan laju penyebaran COVID-19," ujar Kamaluddin.

4. Headway selama 10 menit juga sudah diberlakukan sebelumnya

Penumpang Turun 10.000, MRT Jakarta Tambah Waktu Tunggu Jadi 20 MenitAntrean panjang menunggu MRT di Jakarta, Senin (16/3). (Dok. Istimewa)

Perlu diketahui, MRT Jakarta sebelumnya juga telah melakukan kebijakan yang sama yakni dengan jarak waktu tiap 10 menit, dan mulai berlaku efektif pada Kamis (26/3).

Kebijakan tersebut dilakukan usai melakukan evaluasi jumlah penumpang dalam tiga hari. Kebijakan pembatasan waktu semakin diperketat, karena jumlah penumpang semakin berkurang di bawah angka 10.000.

https://www.youtube.com/embed/1XNhzcvZUL4

Baca Juga: Virus Corona Ikut Usik Pembangunan MRT Jakarta Fase 2

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya