Peringati Hari Lahir Bung Hatta, Anies Kenang Buku Favoritnya Saat SD

Anies kenalkan sosok Bung Hatta pada putranya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperingati hari ulang tahun ke-199 Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta atau Bung Hatta dengan mengenalkan sosoknya lewat buku pada sang putra, Ismail Hakim. Dia menjelaskan bahwa Bung Hatta adalah sosok yang punya banyak keteladanan.

"Hari ini adalah Hari Ulang Tahun Bung Hatta. Pada mereka diceritakan tentang pribadi berintegritas tinggi ini. Seorang intelektual pejuang yang menghibahkan hidupnya untuk memikirkan, memerdekakan dan memajukan bangsanya. Komitmen pada keadilan sosial, pada demokrasi, pada peningkatan kesejahteraan yang dikerjakan dengan prinsip kolaborasi setara. Dan begitu banyak keteladanan darinya," tulis Anies di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Kisah Bung Hatta dengan 16 Koper Bukunya yang Menemani di Pengasingan

1. Biografi Bung Hatta adalah kesukaan Anies

Peringati Hari Lahir Bung Hatta, Anies Kenang Buku Favoritnya Saat SDGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kenalkan sosok Bung Hatta melalui buku biografi kepada anaknya (Instagram/Aniesbaswedan)

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menuturkan, saat masih menjadi siswa Sekolah Dasar (SD) dia sering ke Perpustakaan Harian Kedaulatan Rakyat di Jalan Mangkubumi di Yogyakarta. Salah satu buku biografi -versi untuk anak-anak- yang paling mengesankan baginya kala itu adalah biografi Bung Hatta.

"Setelah duduk di bangku SMA dan masa kuliah, saya membaca buku-buku tentang Bung Hatta di ruang kerja kakek di rumah. Kakek memang bersahabat dengan Bung Hatta sejak zaman pendudukan Jepang hingga akhir hayatnya. Perjalanan perjuangan Bung Hatta mengesankan, pikirannya melampaui zaman, dan kesehariannya adalah teladan yang bersahaja," kata Anies.

2. Buku-buku yang dibaca Anies saat SMA dan kuliah masih tertata di perpustakaannya

Peringati Hari Lahir Bung Hatta, Anies Kenang Buku Favoritnya Saat SDGubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk para alim ulama yang tergabung dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta di Balai Kota, Rabu (30/6/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pagi ini, buku-buku lama itu, koleksi kakeknya yakni AR Baswedan, dijejer di meja. Anies mengatakan bahwa sang kakek memberi nama koleksi pribadinya dengan nama Perpustakaan Baitul Hikmah untuk mencatat koleksi bukunya.

"Merujuk nama perpustakaan di era keemasan Khalifah Abbasiyah Baghdad. Buku-buku yang saya baca di masa SMA dan masa kuliah ini yang dibahas bersama anak-anak pagi ini. Semua buku-buku lama itu hingga kini terawat rapi di perpustakaan rumah kami," kata Anies.

3. Anies berharap banyak pribadi yang muncul seperti Bung Hatta

Peringati Hari Lahir Bung Hatta, Anies Kenang Buku Favoritnya Saat SDIlustrasi Mohammad Hatta (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada Ismail yang sedang belajar jarak jauh di rumah, Anies menceritakan kisah Bung Hatta dari buku-buku itu, dan bagaimana sekarang Indonesia merasakan manfaat dari perjuangan kolektif generasi gemilang, generasi para perintis kemerdekaan.

"Insyaallah dari setiap gerak kemajuan di bangsa kita yang dimungkinkan akibat perjuangan Bung Hatta dihitung sebagai amal jariyahnya, dan dari sana akan mengalir pahala tanpa henti untuknya," kata Anies.

"Semoga lebih banyak pribadi-pribadi yang akan muncul untuk mewujudkan gagasan keadilan sosial dan cita-cita kesetaraan dari Bung Hatta," tutur Anies.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Bung Hatta yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya