Comscore Tracker

Peristiwa Magelang Pemicu Kematian Brigadir J, Ini Respon Komnas HAM

Komnas HAM masih terus melakukan pendalaman

Jakarta, IDN Times - Bharada E menyebut peristiwa kematian Brigadir J dipicu karena adanya kejadian di Magelang saat rombongan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo beserta keluarga tengah mengantarkan anaknya. Hal itu disampaikan Bharada E kepada pengacara barunya, Muhammad Boerhanuddin.

Menanggapi hal ini, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengatakan sejauh ini informasi pihaknya terkait penelusuran ini datang dari keluarga Brigadir J di Jambi. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengembangan dan mendapat informasi lain dari fakta peristiwa lainnya.

“Semua yang terkait dengan apa yang kami dapat dari keluarga Jambi itu menjadi bekal kami untuk melakukan pengembangan fakta-faktanya peristiwanya, jadi semuanya kami gunakan,” ujar Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, di kantornya, Selasa (9/8/2022).

Kata Anam, semua hal yang terkait dengan Magelang hingga Jakarta hingga kini juga terus ditelusuri oleh Komnas HAM.

“Sinergi perbandingan fakta-fakta atau dengan fakta yang lain keterangan satu, keterangan yang lain, bukti satu dengan bukti yang lain, sedang kami proses saat ini,” ujar dia.

Diketahui sebelumnya, pengacara Bharada E Muhammad Boerhanuddin mengatakan ada kejadian Magelang saat rombongan Irjen Ferdy Sambo mengantar anaknya sebelum peristiwa terbunuhnya Brigadir J.

“Ada kejadian di Magelang,” kata Boerhanuddin kepada IDN Times, Senin (8/8/2022).

Namun demikian, Boerhanuddin tidak menjelaskan lebih lanjut penuturan Bharada E terkait apa yang terjadi di Magelang sebelum Brigadir J diduga dieksekusi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Baca Juga: Komnas HAM Gandeng Komnas Perempuan Selidiki Laporan Istri Ferdy Sambo

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya