Comscore Tracker

Pesan Anies ke Satpol PP DKI: Tetap Beradab Saat Bertugas

Satpol PP diberi pengertian warga sedang kesusahan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumpulkan jajaran Satuan Polisi Pamong Prajak (Satpol PP) Jakarta lewat rapat daring yang digelar pada Kamis (15/7/2021) malam. Dalam kesempatan itu, Anies memberi masukkan kepada Satpol PP dalam melakukan penanganan pandemik COVID-19 di Ibu Kota.

"Pesan pada semua, ketika Anda memakai seragam Satpol PP berarti bertindak atas nama negara. Pastikan proses pendisiplinan berjalan dengan tegas, tidak pandang bulu, dan tetap beradab, jaga marwah Satpol PP," ujar Anies seperti dikutip dari postingan Instagramnya @aniesbaswedan, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Bupati Adnan Meminta Maaf atas Tindak Kekerasan Anggota Satpol PP Gowa

1. Masyarakat sedang dalam kondisi sulit

Pesan Anies ke Satpol PP DKI: Tetap Beradab Saat BertugasGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Apel bersama Satpol PP DKI Jakarta secara daring, Kamis (16/7/2021). (instagram.com/aniesbaswedan)

Anies mengatakan bahwa saat ini banyak masyarakat yang sedang berada dalam kondisi sulit. Menurutnya, para jajaran Satpol PP pasti akan menemukan masyarakat yang melakukan pelanggaran lantaran kebutuhan mereka yang mendesak.

"Itu beda dengan orang-orang yg melanggar karena keserakahan," kata dia.

Baca Juga: Kronologi Ibu Hamil di Gowa Dihajar Satpol PP saat Penertiban PPKM

2. Anies minta Satpol PP bekerja dengan kasih

Pesan Anies ke Satpol PP DKI: Tetap Beradab Saat BertugasPersonel gabungan dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub menggelar apel siaga di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Sabtu (23/5/2020), menjelang penertiban keramaian pada malam takbiran. (ANTARA/HO-Satpol PP Jaktim)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengingatkan jajaran Satpol PP untuk menyapa masyarakat dengan hati. Peengakkan protokol kesehatan, kata dia, harus tetap dilakukan dengan rasa hormat dan kasih.

"Sapa mereka dengan hati, tegur dengan hati, perlakukan mereka sebagai saudara sendiri yang sedang dalam kondisi sulit. Tetap tegakkan disiplin dengan rasa hormat dan rasa kasih. Selamat bertugas, jaga stamina, perjalanan kita masih panjang," ujar dia.

3. Warganet berharap tak ada lagi berita viral berkaitan dengan Satpol PP

Pesan Anies ke Satpol PP DKI: Tetap Beradab Saat BertugasSatpol PP memberi sanksi terhadap pelanggar PSBB di Jakarta (Instagram.com/satpolpp.dki)

Unggahan Anies menarik perhatian warganet. Mereka memenuhi kolom komentar akun instagram Anies dengan berbagai respons. Warganet pun berharap agar kejadian terkait dengan Satpol PP yang tengah viral saat ini tidak terulang lagi.

Diberitakan sebelumnya, oknum Satpol PP Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, terekam kamera memukul seorang perempuan yang tengah hamil tua. Video pemukulan itu pun beredar luas di media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 27 detik yang diunggah dalam akun Instagram sosmedmakassar, Rabu (14/7/2021) malam, oknum Satpol PP itu memukul perempuan yang diketahui merupakan istri dari pemilik warkop, Ivan Riyana Panciro.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni, yang dikonfirmasi membenarkan insiden itu terjadi di Kabupaten Gowa.

"Iya mbak di Gowa," katanya singkat melalui WhatsApp, Rabu malam.

Baca Juga: Pedagang Kaget Dikira Mau Dirazia Satpol PP Saat PPKM, Ternyata...

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya