Comscore Tracker

Pesta Gay di Jakarta Selatan, Polisi Lakukan 26 Adegan Rekonstruksi

Apakah akan ada fakta baru yang terungkap?

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus pesta gay yang berlangsung di apartemen Kuningan Suites, Kuningan, Jakarta Selatan.

Total ada 26 adegan rekonstruksi yang dilakukan guna mendalami kasus ini. Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus menjelaskan bahwa rekonstruksi ini digelar di Gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya.

"Kita merencanakan di sini ada 26 adegan yang akan kita perankan di sini. Mungkin saja akan bertambah atau mungkin saja akan berkurang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (3/9/2020).

1. Polisi akan dalami kasus ini mulai dari tahap perencanaan pesta

Pesta Gay di Jakarta Selatan, Polisi Lakukan 26 Adegan RekonstruksiKepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus saat Konferensi Pers Kasus John Kei di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Yusri menjelaskan akan ada dua cluster rekonstruksi yang dilakukan, mulai dari bagaimana mereka merencanakan pesta gay komunitas "Hot Space" ini hingga hari pelaksanaannya.

"(Mulai) bagaimana mereka merencanakan dari bulan Agustus 2020 sampai nanti tahap pelaksanaan yang dilakukan pada tanggal 28 Agustus malam sampai 00.30 WIB malam saat dilakukan penggerebekan," ujarnya.

Baca Juga: 9 Penyelenggara Pesta Gay di Jaksel Jadi Tersangka, Ini Perannya

2. Kemungkinan akan ada fakta baru yang diungkap polisi

Pesta Gay di Jakarta Selatan, Polisi Lakukan 26 Adegan RekonstruksiWakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirkrimum) Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak saat Konferensi Pers Kasus John Kei di Polda Metro Jaya, Senin (29/6) (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak menjelaskan bahwa dari 26 adegan rekonstruksi, kemungkinan akan ada fakta baru yang muncul.

"Dari perencanaan ini dilakukan dua pertemuan dengan 4 tersangka lainnya di coffee shop, membicarakan apa aja yang dibutuhkan," kata dia.

3. Peserta tak boleh pulang sampai pesta gay selesai

Pesta Gay di Jakarta Selatan, Polisi Lakukan 26 Adegan RekonstruksiKonferensi Pers Kasus Pesta Gay (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Selain itu polisi juga akan mendalami struktur acara dan jumlah peserta, bahkan hingga ke tahap pembuatan undangan secara digital.

Setelah perencanaan selesai, alur kesiapan acara yang ada akan semakin berkembang, mulai dari susunan barang dan alat seksual yang disiapkan, serta cara penjemputan peserta pesta gay ini.

"Terakhir pelaksanaannya mulai 21.00 WIB sampai 03.00 WIB, tidak ada satu peserta yang boleh kembali sampai jam 3 keesokannya," ujar dia.

Baca Juga: Satu dari Sembilan Tersangka Pesta Gay di Jaksel Ternyata Positif HIV

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya