PN Jakpus Gelar Sidang Perdana Gugatan Banjir Jakarta

Pemprov DKI dan warga Jakarta hadir di persidangan

Jakarta, IDN Times - Sidang perdana class action atau gugatan kelompok oleh Tim Advokasi Banjir Jakarta 2020, yang menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (3/2).

Anggota Tim Advokat korban banjir Jakarta 2020, Azas Tigor Nainggolan mengatakan pada sidang perdana kali ini agak berbeda dari segi acara, karena ini adalah gugatan kelompok.

"Ini acaranya agak berbeda, hukum acaranya. Itu disesuaikan dengan Perma (Peraturan Mahkamah Agung) Nomor 1 Tahun 2002, tentang tata cara gugatan perwakilan kelompok," kata Tigor di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (3/2).

1. Agenda pemeriksaan dokumen administratif

PN Jakpus Gelar Sidang Perdana Gugatan Banjir JakartaTim Advokasi Banjir Jakarta 2020, Azas Tigor Nainggolan (IDN Times/Lia Hutasoit)

Agenda sidang perdana hari ini, kata pria yang kerap disapa Tigor tersebut, adalah pemeriksaan yang bersifat administratif, seperti pemeriksaan berkas dan dokumen serta beberapa hal terkait kelengkapan menjelang sidang.

"Dokumen, gugatan, terus kelengkapan kami lawyer-nya, bener gak nih dapet kuasa? Mana kuasanya? Seperti itu, orangnya mana? Seperti itu," ujar dia.

Baca Juga: LBH Siap Bantu Korban Banjir Tuntut Ganti Rugi Melalui Class Action

2. Hakim akan putuskan gugatan ini diterima atau tidak

PN Jakpus Gelar Sidang Perdana Gugatan Banjir JakartaIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan untuk prosedur sidang ini, Tigor menjelaskan, hakim harus memutuskan terlebih dahulu, apakah gugatan class action dapat diterima atau tidak.

"Karena kalau gugatan perdata biasa, dia langsung tawarkan mediasi. Karena ini class action, dia akan memberi waktu untuk memutuskan," kata dia.

3. Pemprov DKI Jakarta selaku tergugat juga hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

PN Jakpus Gelar Sidang Perdana Gugatan Banjir JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membantu membersihkan lumpur banjir Jakarta pada awal Januari 2020. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pada hari sidang perdana ini, Tigor datang bersama beberapa pengacara dan korban. Menurut pantauan IDN Times di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, beberapa pihak tergugat yakni Pemprov DKI Jakarta telah hadir di ruang sidang Atmaja itu.

Baca Juga: Tim Gugatan Class Action Banjir Jakarta Klaim Tidak Ada Muatan Politis

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya