Comscore Tracker

Polisi Akan Tutup Jalan Sudirman- Thamrin Jelang  Pergantian Tahun

Tidak ada perayaan malam tahun baru

Jakarta, IDN Times - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya berencana akan menutup Jalan Jenderal Sudirman-M.H Thamrin pada momen pergantian tahun 2020 ke 2021. Pada 31 Desember 2020, dua kawasan itu tidak bisa dilewati masyarakat.

"Jadi tidak hanya kendaraan, tapi juga orang yang bersepeda, berjalan, tidak boleh (melintas). Ada beberapa titik yang nanti akan kami jaga," ucap Sambodo di Polda Metro Jaya, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Bandung Zona Merah Lagi, Pemkot Larang Acara Pergantian Tahun 2021

1. Antisipasi kerumunan seperti sebelum pandemik COVID-19

Polisi Akan Tutup Jalan Sudirman- Thamrin Jelang  Pergantian TahunIlustrasi Pertunjukkan Api (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sambodo mengatakan, polisi akan berjaga di beberapa lokasi supaya masyarakat dan kendaraan tak melintas di ruas jalan itu saat malam pergantian tahun 2020 ke 2021.

Hal ini akan diberlakukan belajar dari pengalaman tahun sebelum masa pandemik COVID-19. Sekelompok masyarakat malah membuat kerumunan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia dengan bersepeda walau kawasan itu sudah ditutup. 

"Karena pengalaman selama ini meskipun ada car free night orang kemudian naik sepeda dan segala macam akhirnya menimbulkan kerumunan, karena ini masa pandemik," kata dia.

2. Polisi akan menyekat pintu masuk menuju Jakarta

Polisi Akan Tutup Jalan Sudirman- Thamrin Jelang  Pergantian TahunDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo (ANTARA/Fianda Rassat)

Dia mengatakan akan menyampaikan informasi lebih lanjut terkait rencana penutupan jalan dan jam pelaksanaannya. Jalan Benyamin Sueb juga termasuk jalan yang akan ditutup.

"Jalan (Sudirman-Thamrin) akan ditutup total," kata Sambodo.

"Kami akan menyekat di pintu-pintu masuk Kota Jakarta, akan ditutup total," katanya lagi.

Daerah perbatasan yang akan disekat mulai dari Bekasi, Depok, Tangerang, serta Tangerang Selatan.

"Upaya yang konvoi-konvoi yang mau masuk Jakarta dari wilayah tersebut itu bisa kita putar balik supaya tidak masuk Jakarta," kata dia.

3. Tempat wisata ditutup lebih cepat, tidak ada perayaan tahun baru

Polisi Akan Tutup Jalan Sudirman- Thamrin Jelang  Pergantian TahunSuasana pusat perbelanjaan Bintaro Jaya Xchange di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Dia juga mengatakan bahwa tempat wisata akan beroperasi hingga pukul 17.00 WIB, dan pusat perbelanjaan tutup sekitar pukul 19.00 WIB. Sedangkan untuk operasional angkutan umum hingga pukul 20.00 WIB.

Dengan kata lain tidak ada perayaan akhir tahun seperti kembang api  karena kegiatan sudah dihentikan sebelum tengah malam.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya