Polisi Larang Masyarakat Masuk Dua Kawasan Ini Saat Malam Tahun Baru 

Akan diterapkan Car Free Night serta Crowd Free Night

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan Car Free Night serta Crowd Free Night di malam pergantian tahun.

Hal ini dilakukan guna mencegah timbulnya kerumunan massa di tengah pandemik COVID-19. Hal tersebut bakal dilakukan di dua wilayah di Jakarta.

"Pelaksanaan Car Free Night dan Crowd Free Night akan dilakukan dua ruas jalan utama yakni di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo di Polda Metro Jaya, Rabu (30/12/2020).

1. Penjelasan soal Car Free Night dan Crowd Free Night

Polisi Larang Masyarakat Masuk Dua Kawasan Ini Saat Malam Tahun Baru (Foto hanya ilustrasi) Suasana Car Free Day (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Dia mengatakan bahwa Car Free Night adalah penerapan sistem yang membuat kendaraan tidak diperkenankan berlalu lalang di kawasan ibu kota, baik roda dua maupun roda empat.

Sedangkan Crowd Free Night kata dia adalah pembatasan dengan tidak memperbolehkan suatu kawasan dimasuki oleh pejalan kaki hingga pesepeda.

"Jadi betul betul kita lakukan sterilisasi di Sudirman-Thamrin dan BKT," kata dia.

2. Pelaksanaan Car dan Crowd Free Night dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB

Polisi Larang Masyarakat Masuk Dua Kawasan Ini Saat Malam Tahun Baru Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo (ANTARA/Fianda Rassat)

Sambodo mengatakan bahwa pelaksanaan Car Free Night dan Crowd Free Night bakal dilaksanakan mulai 20.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB, kemudian petugas juga akan melalukan pengawasan ketat di tempat yang biasa dijadikan tempat berkumpul di malam tahun baru.

Patroli skala besar juga bakal dilakukan di sekitar tempat wisata seperti Ancol, Kota Tua, TMII, Kemang, Pasar Baru, Kelapa Gading dan lainnya.

3. Ada 8 ribu personel yang diturunkan

Polisi Larang Masyarakat Masuk Dua Kawasan Ini Saat Malam Tahun Baru Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan ada 8.179 personel gabungan dari unsur TNI-Polri dan Pemprov DKI Jakarta yang disiapkan untuk mengamankan kondisi pergantian tahub

"Kekuatan Operasi Lilin sebanyak 8.179 personel gabungan, dari TNI 600 personel, Polri 7054 personel dan Pemda DKI Jakarta 525 personel," kata dia.

4. Polisi bakal tes masyarakat yang berkerumun

Polisi Larang Masyarakat Masuk Dua Kawasan Ini Saat Malam Tahun Baru IDN Times/Helmi Shemi

Selain melalukan patroli, polisi dan aparat penegak hukum gabungan bakal menjalankan rapid test pada masyarakat.

"TNI-Polri dan Pemda akan membubarkan kerumunan dan akan melakukan rapid test kepada yang masih coba-coba berkerumun," kata Sambodo.

Selain itu akan ada sejumlah jalan yang dialihkan sementara. "Kecuali untuk ambulans yang akan melintas ke RS," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya