Comscore Tracker

Politikus Gerindra: DPRD Akan Pilih Wagub DKI Sebelum 8 Maret

DKI akan punya wagub baru setelah dua tahun kosong

Jakarta, IDN Times - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Syarief
mengatakan, DPRD menargetkan bisa memilih Wakil Gubernur DKI Jakarta pada awal Maret 2020.

Dia menjelaskan, rapat pimpinan DPRD DKI Jakarta telah tertunda sebanyak tiga kali karena masalah kesehatan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

"Jadi kita berharap di Rapimgab sudah diputuskan, perkiraan itu sebelum 8 Maret sudah dilakukan pemilihan, meskipun secara aturan dibamuskan dulu," ujar Syarief dalam diskusi bertajuk "Nanti Kita Cerita Tentang Wagub Hari Ini", Sabtu (22/2), di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Cawagub DKI Nurmansjah ke Riza Patria: Abang di DPR Aja, Gue Wagub!

1. Pemilihan Wagub DKI disebut tidak serumit pemilihan langsung

Politikus Gerindra: DPRD Akan Pilih Wagub DKI  Sebelum 8 MaretIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Syarif, pemilihan Wagub DKI tidak akan serumit pemilihan langsung. Dia juga yakin bahwa Ahmad Riza Patria bisa menang setelah mendapat dukungan dari Fraksi Golkar di DPRD DKI Jakarta.

"Kemarin perdebatannya hanya tata tertib mengenai voting terbuka dan tertutup, itu saja sebetulnya. Setelah lolos jadi voting tertutup kita ikut, walaupun Gerindra awal mengikuti PKS supaya lakukan voting terbuka," ujarnya

2. Menurut Syarief, semua orang kenal Riza Patria

Politikus Gerindra: DPRD Akan Pilih Wagub DKI  Sebelum 8 Maret(Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria) IDN Times/Irfan Fathurohman

Masih kata Syarief, Riza Patria punya pengalaman bagus untuk menjadi orang nomor dua di DKI Jakarta, untuk membantu Anies mengembangkan Ibu Kota.

"Kemudian perjalanan berikutnya, kariernya di DPR RI. Di Jakarta, kalau aktivis ditanya Riza, gak ada yang tidak kenal Riza. Pasti kenal semua, dari radikal sampai lunak semua kenal Riza, yang keras pun ditundukkan," puji Syarief.

3. Setelah dua tahun kosong, DKI akan segera punya wagub baru

Politikus Gerindra: DPRD Akan Pilih Wagub DKI  Sebelum 8 MaretIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hingga saat ini, jelang masuk tiga tahun masa kepemimpinan Anies, Jakarta belum juga memiliki wakil gubernur setelah ditinggal oleh Sandiaga Uno yang mengikuti Pilpres 2019.

Sebelumnya pada 20 Januari lalu telah diumumkan dua nama calon pengganti Sandiaga Uno, yakni Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansja Lubis dari PKS. Kini masyarakat DKI Jakarta dijanjikan akan segera memiliki wagub. 

"Jadi warga DKI sebentar lagi punya (wagub). Tapi jangan ditanya siapa dulu," kata Syarief.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Calon Wagub DKI, Riza Patria Siap Mundur dari DPR

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya