Polri: Brigjen Prasetijo Temani Djoko Tjandra ke Pontianak

Mereka juga satu pesawat

Jakarta, IDN Times - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono membenarkan, mantan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Korwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo pernah mendampingi buronan Bank Bali Djoko Tjandra pergi ke Pontianak, Kalimantan Barat. Hal itu diketahui berdasarkan surat izin yang sempat dibuat Prasetijo untuk pergi ke Pontianak.

"Iya (pergi dengan Djoko Tjandra), untuk pemeriksaan awal, kita dapatkan sesuai surat izinnya memang demikian yang bersangkutan membuat surat izin sendiri menuju Pontianak," kata Awi di Mabes Polri, Senin (20/7/2020).

1. Prasetijo ternyata satu pesawat dengan Djoko Tjandra

Polri: Brigjen Prasetijo Temani Djoko Tjandra ke PontianakDugaan swafoto Anita Kolopaking dan Brigjen Pol Prasetyo Utomo (Twitter.com/xdigeeembok)

Awi mengaku memang berada dalam satu pesawat yang sama dengan Djoko Tjandra. Pihaknya juga kini masih mendalami pengakuan Prasetijo, untuk mengetahui keterlibatannya dalam meloloskan buronan kelas kakap Djoko Tjandra.

"Karena baru diinterogasi, belum tuntas, yang bersangkutan sakit," kata dia.

Baca Juga: 2 Kali Mangkir, Akankah Djoko Tjandra Hadir dalam Sidang PK Hari Ini?

2. Pemeriksaan belum bisa dilanjutkan karena Prasetijo sakit

Polri: Brigjen Prasetijo Temani Djoko Tjandra ke PontianakKepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono (Dok. Humas Polri)

Awi menjelaskan Prasetijo diduga melanggar kode etik dan aturan kedisiplinan Polri. Prasetijo tidak dalam porsinya menangani buron Djoko Tjandra.

Dia menyebutkan pemeriksaan Prasetijo belum bisa dilanjutkan, karena setelah dinonaktifkan dari Polri dia jatuh sakit.

"Kita menghormati kalau dia nanti sudah baikan, sehat, tentunya akan di BAP (Berita Acara Pemeriksaan) lagi. Belum belum bisa ditindaklanjuti," kata Awi.

3. Pemecatan Prasetijo dari kepolisian

Polri: Brigjen Prasetijo Temani Djoko Tjandra ke PontianakFoto Dokumentasi ANTARA - Terdakwa kasus Bank Bali sekaligus Dirut PT Era Giat Prima, Djoko S Tjandra mendengarkan tuntutan jaksa penuntut umum dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Rabu (23/2/2000) (ANTARA FOTO/Maha Eka Swasta)

Disinggung tentang pemecatan Prasetijo dari Kepolisian RI, Awi enggan berkomentar lebih jauh. Menurut dia, semua hal sedang diproses dan akan ada persidangannya.

"Tunggu hasil sidangnya nanti, kan masih sakit (Prasetijo), belum lengkap berita acarannya," ujar dia.

Baca Juga: Siapa Irjen Napoleon Bonaparte yang Jadi Tumbal Buronan Djoko Tjandra?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya