Potret PSBB di Hari Kerja, Penumpang Padat Merayap di Stasiun Kereta 

Penumpang menumpuk hingga di luar area stasiun

Jakarta, IDN Times - Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta telah berlangsung sejak Jumat (10/4) lalu. Hari ini sudah memasuki hari keempat penerapan PSBB, namun ternyata situasi yang terlihat tidak seperti diharapkan.

Lewat akun Instagram @depok24jam, terlihat suasana di Stasiun Depok Lama, Jawa Barat, penumpang termasuk yang hendak ke arah Jakarta, menumpuk di luar area stasiun hingga di peron.

Antrean ini diketahui merupakan imbas dari pengecekan suhu dan pembatasan penumpukan di stasiun.

"Stadela pagi ini, rada bingung sih min dengan sistem nya. Ini kan antrian karena adanya pengecekan suhu dan pembatasan penumpukan di dalam stasiun," tulis seorang warganet kepada admin @depok24jam, Senin (13/4).

Baca Juga: Sumatera Barat Belum akan Terapkan PSBB untuk Atasi COVID-19 

1. Dinilai kurang efektif karena di dalam kereta juga terlihat kepadatan penumpang

Potret PSBB di Hari Kerja, Penumpang Padat Merayap di Stasiun Kereta Kondisi social distancing di stasiun Depok lama (Instagram/ @depok24jam)

Kondisi ini dirasa kurang efektif karena di dalam kereta juga masih terjadi kepadatan. Ada saja penumpang yang berdiri dan duduk dengan jarak yang tidak bisa dibatasi.

Admin @depok24jam menyarankan supaya petugas setidaknya bisa berjaga di depan pintu kereta untuk melakukan pembatasan penumpang yang masuk ke dalam KRL.

"Ya karena di dalam stasiun pun kan masih area terbuka, tapi kan yang ditakutkan malah di dalam kereta nya," tulis dia.

2. Stasiun Bogor dan Cilebut juga padat

Potret PSBB di Hari Kerja, Penumpang Padat Merayap di Stasiun Kereta Kondisi social distancing di Stasiun Cilebut (Instagram/@jktinfo)

Kepadatan penumpang juga terlihat di Stasiun Bogor dan Stasiun Cilebut pada Senin (13/4) pagi. Antrean penumpang terlihat padat ketika hendak memasuki area stasiun dan peron.

Di Stasiun Cilebut saja terlihat penumpang terhambat masuk ke dalam area stasiun dan tidak ada penerapan physical distancing. Gambaran ini dibagikan lewat akun Instagram @jktinfo.

3. Begini kondisi PSBB yang sebenarnya di hari biasa

Akun @jktinfo juga membagikan kondisi Stasiun Bojong Gede yang memperlihatkan kondisi yang sama. Suasana langit kala itu masih gelap menuju terang, tetapi antrean penumpang yang hendak masuk ke area stasiun telah mengular.

Seorang warganet mengatakan bahwa hari ini adalah kondisi PSBB yang sebenarnya, bukan saat weekend kemarin.

"Ini baru kondisi PSBB sesungguhnya, beda dg tgl merah dan weekend kemarin," tulis seorang warganet dalam kolom komentar.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Pengguna KRL Juga Diwajibkan Pakai Masker!

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya