PPBD DKI Jakarta untuk 3 Jalur Khusus Dibuka Hari Ini

Serentak untuk SD, SMP, SMA dan SMK

Jakarta, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengumumkan waktu pendaftaran bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) pada Senin (15/6) pukul 08.00 WIB.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada hari ini hanya diperuntukkan bagi beberapa jalur saja. Tetapi, pendaftaran dibuka serentak untuk jenjang SD, SMP, SMA hingga SMK.

Berikut daftar lengkap jalur PPBD yang mulai dibuka hari ini seperti yang dilansir melalui akun Instagram @officialppdbdki.

1. Jadwal PPDB untuk jalur inklusi, perpindahan orang tua dan anak guru serta non akademik

PPBD DKI Jakarta untuk 3 Jalur Khusus Dibuka Hari IniANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pendaftaran yang dibuka mulai Senin (15/6) terdiri dari beberapa jalur, mulai dari jalur inklusi, jalur perpindahan orang tua dan anak guru, hingga jalur prestasi non akademik.

1. Jalur Inklusi untuk Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK mulai tanggal 15-16 Juni 2020

2. Jalur Perpindahan Orang tua dan Anak Guru untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK mulai tanggal 15 Juni-3 Juli 2020

3. Jalur Prestasi Non Akademik untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK mulai tanggal 15-16 Juni 2020

Baca Juga: DPRD Desak Dinas Pendidikan DKI Hapus Aturan soal Umur di PPDB SMA

2. Jenis jalur pendaftaran yang dibuka pada PPDB DKI Jakarta 2020

PPBD DKI Jakarta untuk 3 Jalur Khusus Dibuka Hari Iniilustrasi sekolah (IDN Times/Maulana)

PPDB DKI Jakarta tahun ajaran 2020/2021 juga membuka jalur zonasi, yang merupakan jalur yang disediakan untuk peserta didik sesuai dengan domisili tempat mereka tinggal. Kemudian ada pula jalur afirmasi bagi peserta didik yang kurang mampu Anak para tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan COVID-19 di DKI Jakarta.

Kemudian, jalur inklusi bagi anak dengan kebutuhan khusus. Lalu, jalur prestasi akademik dan non akademik. Ada pula jalur pindah tugas orang tua dan anak guru, yakni jalur yang disediakan untuk anak dari ASN, TNI, atau Polri yang pindah karena tugas negara serta anak guru yang mengajar di sekolah tujuan calon siswa. Terakhir, ada juga jalur luar DKI yang disediakan untuk anak yang berasal dari luar Provinsi DKI Jakarta.

3. Terdapat perbedaan jadwal setiap jalur

PPBD DKI Jakarta untuk 3 Jalur Khusus Dibuka Hari IniSuasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Untuk diketahui, pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai membuka pendaftaran PPDB sejak 11 Juni hingga 3 Juli 2020.  Pendaftaran dilakukan secara daring. Selain itu, layanan sistem informasi PPDB juga akan dilaksanakan selama 24 jam nonstop.

Mengutip Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 501 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021, terdapat beberapa perbedaan jadwal pendaftaran untuk tiap jenjang pendidikan.

Baca Juga: Disdik DKI Jakarta Bantah Bersikap Tak Adil Lewat Aturan Zonasi PPDB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya