Profil Kepala Dinkes DKI Widyastuti, Andalan Anies Tangani COVID-19

Widyastuti diangkat jadi Kadinkes DKI sejak Januari 2019

Jakarta, IDN Times - Sudah lebih dari satu tahun Indonesia menghapi pandemik COVID-19, peran instansi kesehatan jadi salah satu modal utama penanganan wabah ini. Bukanlah hal mudah bagi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja mengelola penanganan kesehatan di ibu kota, sebab bukan hanya soal wabah, namun juga kemampuan menangani persoalan kesehatan lainnya.

Di bawah instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penanganan yang dilakukan Dinas Kesehatan di ranah COVID-19 berkenaan dengan penanganan pasien COVID-19, vaksinasi hingga pendataan baik kesembuhan, kematian hingga pengadaan fasilitas kesehatan di berbagai wilayah.

Saat ini, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dijabat oleh Widyastuti, M.KM. Berikut profil singkatnya yang dirangkum oleh IDN Times.

1. Widyastuti dilantik sebagai Kadinkes DKI pada 2019

Profil Kepala Dinkes DKI Widyastuti, Andalan Anies Tangani COVID-19Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (IDN Times/Aryodamar)

Mengutip dari situs Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Widyastuti dilantik pada Januari 2019 oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Widyastuti adalah almamater lulusan dari Fakultas Kedokteran dan memulai kariernya sebagai seorang dokter medis.

Baca Juga: Jakarta Keluar dari Zona Merah, Wagub DKI: 24.011 RT Zona Hijau

2. Widyastuti sempat menjabat sebagai Kasi Penanggulangan Wabah dan Surveilans Dinkes DKI

Profil Kepala Dinkes DKI Widyastuti, Andalan Anies Tangani COVID-19Kepala dinas kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Perempuan kelahiran 29 Januari ini mulai menjabat sebagai  Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan melanjutkan pendidikannya di FKM UI, di mana dia mendapatkan gelar Magister di Kesehatan Masyarakat pada tahun 2006.

Usai pendidikannya selesai, Widyastutui menjadi Kepala Seksi Penanggulangan Wabah dan Surveilans di Pusat Pengendali Operasional Dukungan Kesehatan DKI Jakarta.

3. Buat artikel ilmiah bersama Eijkman-Oxford

Profil Kepala Dinkes DKI Widyastuti, Andalan Anies Tangani COVID-19IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Widyastuti terpilih menjadi Kadinkes di antara tujuh kandidat lain dalam lelang jabatan Pemprov DKI Jakarta. Pada 2021 dia sempat membuat artikel ilmiah bersama dengan peneliti dari Eijkman-Oxford Clinical Research Unit untuk mempelajari karakteristik klinis dan kematian yang berkaitan dengan COVID-19 pada pasien rawat inap yang dirawat di seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta.

4. Dasar hukum Dinas Kesehatan DKI Jakarta

Profil Kepala Dinkes DKI Widyastuti, Andalan Anies Tangani COVID-19Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, beserta jajaran meninjau langsung pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, pada Selasa (29/6/2021) (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Melansir dari situs resmi Dinkes DKI Jakarta, berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 278 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta adalah unsur pelaksana yang punya kedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur lewat Sekretaris Daerah. Dengan tugas sebagai penyelenggara urusan pemerintah di bidang kesehatan.

Baca Juga: Turun Konsisten, Dinkes DKI: BOR Isolasi Jadi 39 Persen, ICU 65 Persen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya