Comscore Tracker

PSI: Anies Kecolongan Gegara Tempat Wisata Ramai Saat Lebaran

Seharusnya sejak awal tempat-tempat wisata di DKI ditutup

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta sempat menutup sementara tiga tempat wisata, yakni TMII, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Margasatwa Ragunan pada 16-17 Mei 2021 dan diperbolehkan buka kembali pada 18 Mei 2021. Hal itu lantaran banyaknya warga yang datang ke tempat-tempat wisata di tengah larangan mudik Lebaran hingga menimbulkan kerumunan.

Merespons kejadian ini, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI William Aditya Sarana menyebut penutupan mendadak tempat-tempat wisata yang diserbu masyarakat adalah bentuk kecolongan.

“Pak Anies kecolongan, seharusnya beliau sadar bahwa tempat wisata seperti Ancol akan membeludak karena masyarakat tidak bisa mudik,” ujar dia dalam keterangannya, Senin (17/5/2021).

1. Kebijakan tutup tempat wisata dinilai terlambat, karena sudah keburu viral

PSI: Anies Kecolongan Gegara Tempat Wisata Ramai Saat LebaranSejumlah wisatawan antre untuk memasuki tempat wisata Ancol Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya wisata Ancol yang diperuntukan khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

William mengatakan kebijakan menutup Ancol pada hari ketiga lebaran merupakan kebijakan yang seharusnya diambil sejak awal. Menurutnya jika sudah viral, baru kebijakan itu diambil.

“Kalau sudah viral barulah ada tindakan, hal ini tidak bisa terus dibiarkan, Pak Anies harus lebih fokus dalam menangani pandemi COVID-19. Utamakan dulu keselamatan warga Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Pengunjung Membeludak, Ancol, TMII dan Ragunan Tutup 15-17 Mei 2021

2. Jika wisata dalam kota tidak diawasi kasus COVID-19 bisa meningkat

PSI: Anies Kecolongan Gegara Tempat Wisata Ramai Saat LebaranSuasana anjungan Sumatra Barat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat hari pertama lebaran 2021 (IDN Times/Reynaldi Wiranata)

William juga menilai bahwa libur panjang bakal memicu peningkatan kasus COVID-19. Walau pemerintah pusat sudah menyetop mudik, hal ini bisa gagal karena tempat wisata tak diawasi.

“Libur panjang seperti lebaran biasanya akan memicu peningkatan kasus Covid-19. Pemerintah pusat sudah benar menyetop mudik, namun jika tempat wisata dalam kota tidak diawasi, maka semuanya bisa gagal,” ujarnya.

3. H+2 Lebaran ada 39 ribu orang ke Ancol

PSI: Anies Kecolongan Gegara Tempat Wisata Ramai Saat LebaranPetugas memasang pembatas tali di sepanjang bibir pantai yang ada di Pantai Lagoon., kawasan wisata Ancol. (Dok. Taman Impian Jaya Ancol)

Pada hari kedua lebaran, pengunjung tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol mencapai 39.000 orang.

Data tersebut adalah jumlah keseluruhan wisatawan yang datang dari pagi hingga pukul 15.00 WIB pada Jumat, 14 Mei 2021.

Baca Juga: Kerumunan Disorot Warganet, Ancol Ditutup Hari Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya