Comscore Tracker

PT KAI: Libur Lebaran, Pengguna KRL Ramai saat Siang 

Ada peningkatan jumla penumpang pada H+2 lebaran

Jakarta, IDN Times - Pola pergerakan pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) pada libur lebaran cenderung berbeda dengan hari biasa. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyebutkan peningkatan penumpang terjadi pada siang hari dengan mayoritas kalangan keluarga.

"Data KAI Commuter pada 12-14 Mei 2021 menunjukkan pergerakan pengguna mulai meningkat sejak pukul 09.00-11.00 di siang hari dan kembali ramai pukul 17.00-19.00, meski tidak seramai pada siang hari," kata dia dalam keterangannya, Senin (17/5/2021).

1. Jumlah penumpang meningkat pada Sabtu (15/5/2021)

PT KAI: Libur Lebaran, Pengguna KRL Ramai saat Siang Ilustrasi (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Meskipun ada peningkatan dari segi volume keseluruhan, Anne menyebutkan jumlah pengguna KRL pada masa libur Lebaran masih di bawah volume pada hari-hari kerja yang mencapai sekitar 400 ribu pengguna.

Volume pengguna KRL pada Sabtu (15/5/2021) tercatat 328.495 pengguna atau meningkat 14 persen dibanding hari sebelumnya di mana jumlah pengguna mencapai 287.471 orang.

Baca Juga: Gara-gara Penumpang KRL Numpuk, Menhub Budi: PT KCI Tak Profesional

2. Ada tes antigen acak di empat stasiun

PT KAI: Libur Lebaran, Pengguna KRL Ramai saat Siang Ilustrasi tes cepat antigen (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Pada Sabtu 15 dan Minggu 16 Mei, KAI Commuter melaksanakan tes antigen COVID-19 secara acak kepada para pengguna KRL di empat stasiun yakni Stasiun Manggarai, Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

"Tes antigen acak dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun," kata dia.

3. Penumpang positif dilaporkan ke Satgas COVID-19

PT KAI: Libur Lebaran, Pengguna KRL Ramai saat Siang Suasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL.

Sementara para pengguna yang hasilnya positif akan tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke satgas COVID-19 setempat.

Baca Juga: Tiga Hari Jelang Idul Fitri, Pengguna KRL Turun 20 Persen

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya