Comscore Tracker

Puan Unggah Swafoto Prabowo-Mega, Pertanda Makin Akrab?

Prabowo luluh gara-gara menu nasi goreng Mega

Jakarta, IDN Times - Hubungan eks rival Joko "Jokowi" Widodo, Prabowo Subianto dengan Presiden ke-4 dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri terlihat semakin akrab. Hal itu terlihat dari foto yang diunggah oleh putri Mega di akun Instagramnya @puanmaharaniri pada Jumat (25/10). Di dalam foto itu, terlihat Puan berswafoto dengan Prabowo dan sang ibu, Megawati. 

Foto tersebut diunggah dengan caption: "Selamat bekerja Menteri Pertahanan Republik Indonesia periode 2019-2024, untuk Indonesia Maju."

Kedekatan Prabowo dan Mega ini sesungguhnya bukan hal baru. Sebab, sebelum mantan Danjen Kopassus itu resmi masuk koalisi pemerintahan, Mega telah mengundang Prabowo makan siang di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. 

Apakah ini menandakan Prabowo akan mendukung penuh agenda pemerintahan Jokowi hingga lima tahun ke depan?

1. Swafoto dilakukan saat Presiden Jokowi melantik 38 menteri dan pejabat tinggi di Istana Negara

Puan Unggah Swafoto Prabowo-Mega, Pertanda Makin Akrab?IDN Times/Irfan Fathurohman

Foto yang diunggah oleh Puan itu diabadikan di sela acara pelantikan 38 Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10) di Istana Negara. Seperti yang sudah diprediksi oleh banyak orang, Prabowo merapat ke koalisi pemerintah dengan menerima posisi sebagai Menteri Pertahanan. 

Ini merupakan peristiwa yang mengejutkan lantaran keduanya merupakan rival di dua pemilu berturut-turut. Bahkan, pendukung kedua kubu saling menebar rasa benci selama pesta demokrasi kemarin. Namun, perpecahan itu berakhir, ketika Prabowo ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menhan. 

Apabila kalian cermati, maka Mega dan Puan di foto tersebut terlihat tersenyum. Sedangkan, Prabowo yang berada di tengah trah Soekarno hanya menunjukkan wajah datar tanpa senyum. 

Baca Juga: Dilantik Jadi Menteri Pertahanan, Prabowo Bakal Fokus pada 4 Hal Ini

2. Swafoto Prabowo dan trah Soekarno mendapat tanggapan beragam dari warganet

Puan Unggah Swafoto Prabowo-Mega, Pertanda Makin Akrab?IDN Times/ Helmi Shemi

Sejak diunggah pada Jumat (25/10), swafoto yang diabadikan oleh Puan itu telah menarik 1.390 komentar dan 40.416 like dari warganet. Beragam respons muncul di kolom komentar akun Instagram Puan. 

Ada yang merespons positif unggahan foto itu. Namun, tidak sedikit juga yang  melihat foto itu secara negatif. Salah satunya adalah komentar dari akun @udadiananugerah.

"Luar biasa dinamisnya politik di Indonesia," tulisnya.

Ada pula warganet yang menggadang-gadang Prabowo dan Puan untuk menjadi capres dan cawapres pada 2024 mendatang. Salah satunya akun @tadiew.

"Wwah, cucok pasangan capres-cawapres 2024 ?," kata dia. 

3. Prabowo sempat menyebut menu nasi goreng yang disajikan Megawati terasa enak

Puan Unggah Swafoto Prabowo-Mega, Pertanda Makin Akrab?IDN Times/Irfan Fathurohman

Kedekatan Mega dan Prabowo pasca pemilu sesungguhnya sudah terlihat ketika Ketua Umum Partai Gerindra itu berkunjung ke rumahnya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat pada (24/7) lalu. Tiba di rumah Mega pada siang hari, Prabowo dijamu dengan menu nasi goreng yang dimasak sendiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan itu. Selain itu, ada pula menu mie Jawa dan bakwan goreng. 

Usai menyantap menu masakan yang dibuatkan khusus oleh Mega, Prabowo tidak sungkan memuji sajian tersebut. Di hadapan media, Prabowo berseloroh tidak bisa menyalami Mega terlalu lama karena perutnya yang terlalu kenyang. 

"Tadi Ibu Mega memenuhi janjinya, memasak nasi goreng untuk kami, luar biasa nasi gorengnya saya sampai nambah. Padahal beliau mengingatkan saya sudah terlalu gemuk," ujar Prabowo sambil tertawa. 

Rupanya sajian nasi goreng itu ampuh untuk meluluhkan Prabowo agar bersedia merapat dan membantu pemerintahan Jokowi. Maka, tak heran suasana di dalam makan siang itu begitu akrab. Hasilnya, bisa disaksikan kini, Prabowo bersedia ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan. 

Hubungan Prabowo-Mega sebenarnya sudah terjalin akrab sejak lama. Apalagi sejarah pernah mencatat dalam pemilu 2009, Mega menggandeng Prabowo sebagai cawapresnya untuk melawan SBY - Boediono. Walaupun, akhirnya mereka gagal terpilih lagi jadi pemimpin Indonesia. 

4. Prabowo punya empat program usai dilantik menjadi Menhan RI

Puan Unggah Swafoto Prabowo-Mega, Pertanda Makin Akrab?Prabowo dan Ryamizard usai sertijab Menteri Pertahanan. IDN Times / Irfan Fathurohman

Usai dilantik menjadi Menhan, Prabowo langsung tancap gas dan menyusun program kerja. Kepada publik, mereka memiliki empat program kerja, yakni memperkuat alutsista TNI, meningkatkan anggaran pertahanan negara, menghilangkan budaya Asal Bapak Senang (ABS) di kalangan TNI dan membantu diplomasi Indonesia di kancah internasional. 

Jadi, gimana, guys? Apakah Prabowo akan loyal untuk tetap menjadi pembantu Jokowi? 

Baca Juga: Megawati Minta Prabowo Dialog Langsung dengan Jokowi

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You