Comscore Tracker

Rachel Vennya Diduga Kabur saat Karantina, Kemenkes: Sedang Ditelusuri

Pemerintah tidak akan mentolerir pelanggaran prokes

Jakarta, IDN Times - Nama influencer Rachel Vennya mendadak viral usai dikabarkan kabur dari masa karantinya di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Pademangan, Jakarta Utara. Rachel diduga kabur saat karantina usai kembali dari Amerika Serikat (AS). Menanggapi hal ini, Kementerian Kesehatan mengungkapkan kasus ini sedang ditelusuri.

"Sedang ditelusuri Satgas karantina ya," kata Juru Bicara Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi kepada IDN Times, Selasa (11/10/2021).

Baca Juga: PTM Terbatas, Cabdindik Madiun Catat Pelanggaran Prokes 

1. Pemerintah tidak mentolerir segala bentuk pelanggaran prokes dan karantina kesehatan

Rachel Vennya Diduga Kabur saat Karantina, Kemenkes: Sedang DitelusuriSeorang tenaga kesehatan melambaikan tangan sebelum memberikan makanan kepada pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). Kementerian Kesehatan menyebut anggaran untuk insentif tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 mencapai Rp1,9 triliun baik di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dan institusi kesehatan pusat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Siti Nadia menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan sanksi terhadap segala bentuk pelanggaran protokol kesehatan dan karantina kesehatan. 

"Pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 menegaskan bahwa pemerintah tidak akan pernah mentolerir segala bentuk upaya pelanggaran protokol kesehatan dan karantina kesehatan," ujarnya.

Dia juga mengimbau agar tidak ada oknum-oknum yang melakukan perbuatan yang berpotensi membahayakan nyawa seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah Ancam Deportasi WNA Pelanggar Protokol Kesehatan

2. Kemenkes dorong aparat tindak tegas oknum yang langgar aturan karantina

Rachel Vennya Diduga Kabur saat Karantina, Kemenkes: Sedang DitelusuriJuru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi (dok.kemkes.go.id)

Kemenkes, kata Siti Nadia, juga meminta para penegak hukum untuk mengusut kasus pelanggaran terkait karantina ini hingga tuntas.

"Kementerian Kesehatan akan mendorong aparat keamanan untuk menindak tegas bagi siapa pun yang melanggar aturan mengenai masa karantina," kata dia.

Para para oknum yang terbukti bersalah juga agar diberikan sanksi sesuai aturannya.

3. Salah satu pengguna ungkap Rachel hanya jalani isolasi 3 hari

Rachel Vennya Diduga Kabur saat Karantina, Kemenkes: Sedang DitelusuriSituasi di Wisma Pademangan Jakarta Utara untuk karantina Pekerja Migran Indonesia yang tiba dari luar Indonesia (Dokumentasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana)

Isu kaburnya Rachel Vennya saat menjalani isolasi mandiri usai tiba dari luar negeri viral di media sosial Twitter. Salah satu akun bernama @cleverdid meninggalkan komentar di salah satu unggahan instagram.

Seperti dilihat IDN Times, akun ini mengungkapkan bahwa Rachel baru menjalani masa isolasi tiga hari di Wisma Atlet Pademangan.

"OHHH DIA YG HARUSNYA KARANTINA DI WISMA ATLET SELAMA 8 HARI EH TAPI BARU 3 HARI LANGSUNG KABUR??)," tulis @cleverdid.

4. Akun tersebut klaim input data Rachel

Rachel Vennya Diduga Kabur saat Karantina, Kemenkes: Sedang DitelusuriRachel Vennya (instagram.com/rachelvennya)

Dia juga mengaku sebagai seseorang yang bertugas memasukkan data Rachel Vennya selama berada di Wisma Atlet. Akun ini juga mengungkapkan, Rachel bersama dengan kekasihnya Salim Nauderer kabur dari karantina.

"KARENA GUA YG NGINPUT DATA DIA DI WISMA ATLET PADEMANGAN, DEMI ALLAH.. PUAS? GUA TANYAIN ALAMAY DIMANA SOK SOK BEGO. SAMPE SAMPE SATU KAMAR SAMA SI SALIM PADAHAL BUKAN SUAMI ISTRI GUA MINTA BUKU NIKAH KTANYA MEREKA BERTIGA KOK SAMA MANAGER RACHEL YG CEWEK," tulis @cleverdid.

Baca Juga: Revisi Perda COVID, Anies Ingin Pelanggar Protokol Kesehatan Dipenjara

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya