Rayakan Pelantikan Jokowi, 32 Ribu Piring Nasi Goreng Gratis Dibagikan

Dana ribuan piring nasi goreng diklaim berasal dari relawan

Jakarta, IDN Times - Salah satu yang unik dari euforia pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo dan Ma'ruf Amin adalah disediakannya ratusan gerobak nasi goreng yang berjejer di trotoar Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Menurut koordinator konsumsi, Sofia, nasi goreng tersebut disediakan untuk masyarakat yang hadir meramaikan pelantikan Jokowi di depan Istana Negara, tepatnya Taman Aspirasi.

Ada sekitar 160 gerobak nasi goreng yang disediakan panitia, total ada 32.000 nasi goreng gratis yang dapat dinikmati siapa saja yang hadir meramaikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf. 

"Jadi, kita tuh merasa Pak Jokowi kan inginnya kegiatan ini sederhana, hikmat, cuma kayaknya kalau Pak Jokowi lewat, selayaknya orang yang habis dilantik saja disambut. Masa kita sebagai relawan tidak menyambut," ujar Sofia saat ditemui di depan Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10).

Dana yang digunakan untuk menyediakan nasi goreng ini berasal dari relawan. Masyarakat yang telah mengambil nasi goreng akan dicelup tinta, seperti saat pencoblosan pemilu, di bagian kelingking tangan.

Total ada 458 organisasi yang datang ke acara syukuran pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Kita ingin gabungnya di konsumsi, ya di konsumsi, di keamanan, tapi kita organisir bareng-bareng. Itu di luar bantuan pemerintah ya," katanya.

Acara ini diorganisir oleh Andi Gani sebagai ketua pelaksana, seluruh nasi goreng ini dihargai 14 ribu per porsi dan nasi goreng yang diberikan pada masyarakat juga telah di tes kelayakannya dan kebersihannya, serta gerobak diberikan cap "Layak Konsumsi".

"Nasi goreng ini juga di test food. Dicek layak konsumsi. Soalnya kan zaman sekarang takut sakit perut," kata Sofia.

Baca Juga: Pidato Pertama Jokowi di Periode Kedua: Dobrak Rutinitas!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya