Riza Patria Ungkap Kondisi Anies Selama 23 Hari Positif COVID-19

Hasil tes COVID-19 Anies hingga kini belum juga negatif

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan kondisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hingga saat ini masih menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif COVID-19.

Riza mengatakan, Anies dalam kondisi yang baik-baik saja selama menjalani isolasi mandiri. Anies sudah 23 hari menjalani isolasi mandiri setelah mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada pada Selasa, 1 Desember 2020. 

"Alhamdulillah kondisi pak Anies sehat, baik. Selalu interaksi dan Pak Anies selalu ikut rapat," kata dia kepada awak media di Markas Kodam Jaya, Rabu (23/12/2020).

1. Hasil tes COVID-19 Anies belum negatif hingga Senin 21 Desember 2020

Riza Patria Ungkap Kondisi Anies Selama 23 Hari Positif COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dia mengatakan memang selama ini keduanya kerap memimpin rapat secara daring. Urusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kata Riza juga berjalan baik-baik saja.

"Tidak ada masalah. Kinerja Pemprov baik," ujar dia.

Dia mengatakan bahwa Anies hingga Senin, 21 Desember 2020 masih terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca Juga: Dua Pekan Lebih Isolasi Mandiri, Bagaimana Kabar Anies Baswedan?

2. Begini kronologi Anies terpapar COVID-19

Riza Patria Ungkap Kondisi Anies Selama 23 Hari Positif COVID-19Instagram/@Aniesbaswedan

Terpaparnya Anies diketahui publik hanya berselang dua hari setelah wakilnya, Ahmad Riza Patria, terinfeksi virus ini. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mendapat hasil tes negatif pada swab yang dijalani Rabu, 25 November 2020. Namun karena Riza terkonfirmasi positif beberapa hari setelahnya, Anies kembali melakukan tes COVID-19 berupa swab antigen pada Minggu, 29 November 2020 dengan hasil negatif.

Anies menjalani tes COVID-19 lagi pada Senin, 30 November 2020. Hal itu dilakukan karena ia ingin mengonfirmasi hasil swab antigen sebelumnya. Anies menyatakan diri positif COVID-19 pada Selasa, 1 Desember 2020. 

"Ternyata dini hari saya dapat kabar kalau hasilnya positif, hasil tes PCR saya positif COVID-19," kata dia melalui video yang diunggahnya di media sosial.

3. Anies isolasi di rumah dinas

Riza Patria Ungkap Kondisi Anies Selama 23 Hari Positif COVID-19Anies Baswedan dijenguk keluarganya saat isolasi mandiri di rumah dinas gubernur (Instagram.com/fery.farhati)

Anies mengatakan, kala itu kondisinya baik dan tanpa gejala meski terpapar virus corona. Tetapi, sesuai protokol kesehatan dan saran dokter, maka ia melakukan isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan tim medis.

"(Saya) Isolasi mandiri di rumah dinas, di mana saya akan tinggal sendiri, sementara keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi," kata Anies.

Sebelumnya, Wagub Riza Patria juga dinyatakan positif COVID-19. Walau pasangan pemimpin DKI Jakarta ini sempat terkonfirmasi positif COVID-19, Riza bisa kembali bekerja setelah sembuh pada 11 Desember 2020 dan sudah kembali bekerja di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca Juga: [FOTO] Ketika Anies Baswedan Dijenguk Keluarga Saat Isolasi Mandiri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya