Comscore Tracker

Rizieq Minta Maaf, Polisi: Penyidikan Kasus Kerumunan Tetap Berjalan

Rizieq akan kembali diperiksa, Senin 7 Desember 2020

Jakarta, IDN Times - Polisi bakal tetap melanjutkan kasus kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan putri Pendiri Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, walaupun pentolan organisasi itu sudah meminta maaf.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Rabu (2/12/2020).

"Penyidikan tetap berjalan tentang pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di daerah Petamburan pada saat akad nikah anak dari saudara MRS (Muhammad Rizieq Shihab)," ujar Yusri.

1. Tak masalah jika Rizieq sampaikan permintaan maaf

Rizieq Minta Maaf, Polisi: Penyidikan Kasus Kerumunan Tetap BerjalanRizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Pihak kepolisian sejauh ini tidak mempermasalahkan permintaan maaf Rizieq terkait kerumunan massa simpatisannya dalam beberap acara di Jakarta.

"Silakan utarakan kepada rakyat Indonesia, khususnya rakyat Jakarta, tapi penyidikan tetap berjalan ya" kata Yusri.

Rizieq direncanakan kembali dipanggil pada Senin, 7 Desember 2020. Ini adalah panggilan kedua untuk Rizieq dan menantunya, Hanif Alatas, sebagai tindak lanjut karena Rizieq tak hadir saat pemanggilan pertama yang sejatinya digelar Selasa, 1 Desember 2020 pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Polda Jabar Tetap Proses Rizieq Shihab Meski Sudah Minta Maaf

2. Kerumunan yang terjadi di luar keinginannya

Rizieq Minta Maaf, Polisi: Penyidikan Kasus Kerumunan Tetap BerjalanPimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Rizieq sebelumnya sudah mengutarakan permintaan maafnya kepada masyarakat yang resah, karena kerumunan simpatisannya beberapa waktu lalu. Dia mengatakan bahwa munculnya kerumunan tersebut bukan hal yang disengaja.

"Sekali lagi saya saya minta maaf apabila kerumunan-kerumunan tadi membuat keresahan atau membuat tidak nyaman atau sudah melakukan pelanggaran, itu di luar keinginan," ujar dia pada acara Reuni 212 yang ditayangkan secara langsung oleh YouTube Front TV, Rabu (2/12/2020).

3. Rizieq minta tidak usah ada perdebatan

Rizieq Minta Maaf, Polisi: Penyidikan Kasus Kerumunan Tetap BerjalanDok.IDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan tersebut, Rizieq juga mengatakan bahwa kerumunan itu muncul karena antusiasme masyarakat terhadap kepulangannya.

Oleh karena itu, saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjatuhkan denda Rp50 juta dan Rizieq mengaku bersedia untuk membayar. 

"Kita terima, karena kita kan memang salah harus bayar denda, enggak usah berdebat, ini kita bayar," katanya. 

Baca Juga: Rizieq Shihab Sampaikan Maaf karena Timbulkan Kerumunan

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya