Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket Online

Lansia, ibu hamil dan balita tidak boleh masuk

Jakarta, IDN Times – DKI Jakarta mulai berbenah di tengah pandemik COVID-19, salah satunya adalah sektor pariwisata. Memasuki masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Taman Impian Jaya Ancol tengah bersiap untuk beroperasi kembali dalam normal baru.

Taman Impian Jaya Ancol siap buka kembali dan melayani pengunjung pada Sabtu, 20 Juni 2020. Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali menjelaskan dalam proses operasional, Taman Impian Jaya Ancol akan menerapkan sejumlah prosedur dan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah.

Selain itu Manajemen juga memberikan harga diskon khusus selama periode bulan Juni 2020 yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

“Peraturan baru telah disiapkan dan akan diterapkan agar semua pihak dapat menjalankan aktivitas liburannya dengan aman dan nyaman. Peraturan tersebut bernama #SSBB atau Senang Selamat Bareng Bareng,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (10/6).

1. Kapasitas dibatasi, balita, lansia dan ibu hamil tak boleh masuk

Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket OnlineIDN Times/Sunariyah

Teuku menjelaskan SSBB adalah aturan yang diterapkan di Ancol untuk memastikan seluruh pihak dapat kembali menikmati liburan dan bersenang-senang, namun juga aman dan selamat dari awal sampai sampai akhir kunjungan di Taman Impian Jaya Ancol.

Dia juga mengatakan bahwa hal penting yang perlu dilakukan saat beroperasi kembali adalah melakukan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas normal.

“Serta tidak memperbolehkan anak di bawah 5 tahun, ibu hamil, dan lansia (usia 50 tahun dan di atasnya) rekreasi di Ancol. Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk area wisata,” kata dia.

 

Baca Juga: Waze Catat Pergerakan Lalu Lintas Jakarta Turun 72 Persen selama PSBB

2. Tidak ada pembelian tiket di loket, harus beli secara online

Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket OnlineInstagram.com/@infodufan

Ancol juga akan memberlakukan kebijakan pembayaran non tunai (cashless) dan tidak ada penjualan tiket di loket, sehingga pengunjung wajib membeli tiket secara online yang sudah bisa mulai bisa dibeli pada 13 Juni.

Pembelian tiket dapat dilakukan melalui www.ancol.com ataupun mitra penjualan tiket resmi yang bekerja sama dengan Ancol.

Pengunjung juga wajib melakukan reservasi sebelum berkunjung ke Ancol. Khusus pengunjung yang membeli tiket di website Ancol, tanggal kedatangan sudah dapat dipilih sejak pembelian tiket.

3. Daftar unit rekreasi yang akan dibuka bertahap, rekrasi air akan menyusul

Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket OnlinePetugas keamanan berpatroli di kawasan Pantai Timur Ancol di Jakarta, Senin (25/5/2020). Memasuki hari kedua Idul Fitri 1441 H, suasana Pantai Ancol sepi dari pengunjung akibat masih ditutup selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap, yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasn Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort.

Sedangkan, unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.

“Pintu Gerbang Utama dan kawasan Pantai dibuka mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB, Dunia Fantasi dibuka mulai pukul 10.00-18.00 WIB, Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku Senin sampai Minggu dan juga hari Libur Nasional,” kata Teuku.

4. Protokol kesehatan yang diberlakukan di Ancol

Sambut New Normal Ancol akan Buka 20 Juni, Wajib Beli Tiket OnlinePetugas keamanan berpatroli di kawasan Pantai Timur Ancol di Jakarta, Senin (25/5/2020). Memasuki hari kedua Idul Fitri 1441 H, suasana Pantai Ancol sepi dari pengunjung akibat masih ditutup selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain itu, protokol kesehatan juga akan tetap dijalankan seperti pemeriksaan suhu tubuh di Pintu Gerbang Ancol dan unit rekreasi. Batas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3 derajat celcius.

Penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut merupakan hal wajib. Pengaturan jaga jarak fisik juga diberlakukan di semua area dengan jarak 1,5 - 2 meter.

Pengunjung juga bisa membawa hand sanitizer sendiri dan peralatan makan serta alat ibadah sendiri, namun pihak Ancol juga akan menyediakan hand sanitizer dan melakukan disinfeksi secara rutin.

Baca Juga: 6 Protokol Kesehatan di Tempat Wisata Jakarta, Balita Dilarang Masuk

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya