Comscore Tracker

Sarana Jaya Tegaskan Proyek Rumah DP 0 Rupiah Tak Tersandung Korupsi

Proyek Pondok Kelapa-Cilangkap tak terkait kasus korupsi

Jakarta, IDN Times - PD Sarana Jaya memastikan proyek dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu rumah DP 0 Rupiah tetap berjalan. Plt Direktur Utama Sarana Jaya, Indra S. Arharrys, mengatakan proyek di area Pondok Kelapa dan Cilangkap tidak berkaitan dengan kasus korupsi Yoory C Pinontoan.

"Pemberitaan yang marak saat ini terkait rumah DP 0 Rupiah kami pastikan bukan di proyek Pondok Kelapa dan Cilangkap. Kedua proyek tersebut tidak ada kaitannya dengan pemberitaan saat ini," kata Indra dalam keterangannya, seperti dikutip IDN Times, Jumat (12/3/2021).

Indra menjelaskan pihaknya bakal meneruskan kegiatan pembangunan proyek di Pondok Kelapa dan Cilangkap sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Korupsi Proyek Rumah DP 0 Rupiah dan Janji Anies yang Harus Dilunasi

1. PD Pasar Jaya tak merasa terganggu dengan kasus korupsi ini

Sarana Jaya Tegaskan Proyek Rumah DP 0 Rupiah Tak Tersandung KorupsiGroundbreaking Rumah DP 0 Persen (IDN Times/Aryodamar)

Hubungan Masyarakat (Humas) Perumda Sarana Jaya, Yulianita Rianti, menegaskan pihaknya fokus menuntaskan setiap proyek yang sedang digarap.

Menurutnya, pemberitaan terkait kasus korupsi yang tengah didalami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak menganggu kegiatan proyek yang sedang berjalan.

"Terutama untuk proyek rumah DP 0 Rupiah. Saat ini Sarana Jaya tetap fokus dalam melakukan pemasaran rumah DP 0 Rupiah, Nuansa Pondok Kelapa, yang telah hadir dan siap memenuhi kebutuhan warga Jakarta akan tempat tinggal yang aman dan nyaman. Selain itu, kami juga fokus pada proyek Nuansa Cilangkap yang sedang dalam tahap pembangunan dan akan selesai sesuai dengan target," ujarnya.

2. Rencana program rumah DP 0 Rupiah yang tengah dilakukan PD Sarana Jaya

Sarana Jaya Tegaskan Proyek Rumah DP 0 Rupiah Tak Tersandung KorupsiGroundbreaking Rumah DP 0 Persen (IDN Times/Aryodamar)

Pemprov DKI Jakarta, melalui Sarana Jaya, menyediakan hunian DP 0 Rupiah untuk masyarakat Jakarta yang terbagi di dua lokasi yaitu di Pondok Kelapa dan Cilangkap.

Di Pondok kelapa, ada dua proyek, yaitu Menara Samawa, yang merupakan hunian DP 0 Rupiah dengan 780 unit hunian dengan tipe satu dan dua kamar.

Sedangkan, Menara Apartemen Swasana hingga saat ini menurut PD Sarana Jaya masih dalam proses pembangunan.

Kemudian di Cilangkap, PD Sarana Jaya juga membangun program rumah DP 0 Rupiah Nuansa Cilangkap sejak akhir 2019 dengan nama yang sama dengan Pondok Kelapa, yakni Menara Samawa.

Rencananya Menara Samawa terdiri 24 lantai dengan total 800 unit hunian yang terdiri dari tipe studio dan dua kamar.

3. Dirut PD Sarana terjerat kasus korupsi pengadaan tanah

Sarana Jaya Tegaskan Proyek Rumah DP 0 Rupiah Tak Tersandung KorupsiDirektur Utama PD Sarana Jaya Yoory C Pinontoan (Twitter.com/pembsaranajaya)

Direktur Utama PD Sarana, Jaya Yoory C Pinontoan, ditetapkan sebagai tersangka terkait proyek rumah DP 0 Rupiah oleh KPK pada Jumat (5/3/2021). Dia langsung dilengserkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari itu juga.

Direktur Pengembangan PD Sarana Jaya, Indra Sukmono Arharrys, kemudian ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt), setidaknya selama tiga bulan, terhitung sejak ditetapkannya Keputusan Gubernur, dengan opsi dapat diperpanjang. Penunjukkan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 212 Tahun 2021.

KPK menemukan indikasi korupsi pengadaan tanah di Munjul, Kelurahan Pondok Rangon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, pada 2019.

KPK juga telah menggeledah tiga lokasi terkait kasus ini pada Senin (8/3/2021). Tiga lokasi yang digeledah adalah Kantor PT AP (Adonara Propertindo) di Gandaria Utara, Kebayoran Baru, dan Jakarta Selatan, lalu Gedung Sarana Jaya di Jakarta Pusat, dan rumah kediaman dari pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Lahan Rumah DP 0 Rupiah, 6 Saksi Diperiksa KPK

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya