Comscore Tracker

Sebulan Isolasi Mandiri, Anies Baswedan Sembuh dari COVID-19

Dia sudah kembali ke rumahnya

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Partia memastikan Gubernur Anies Baswedan sudah dinyatakan negatif COVID-19. Dia pun meyebut jika Anies kini sudah kembali ke kediamannya.

“Alhamdulillah Pak Anies hari ini sudah negatif, sudah pulang ke rumah dan akan segera nanti kembali ke Balai Kota," kata riza kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

1. Riza belum informasikan kapan Anies kembali ke Balai Kota

Sebulan Isolasi Mandiri, Anies Baswedan Sembuh dari COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panggilan video dengan keluarganya saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Riza mengatakan, koleganya itu akan segera kembali menjalankan tugasnya sebagai Gubernur di Balai Kota. Namun dia tidak secara detail menjelaskan kapan Anies bakal kembali ke kantornya

"Nanti kita lihat, saya kira tidak lama lagi mudah-mudahan segera, yang pasti sudah negatif ya alhamdulillah negatif, negatif, hari per hari," kata politisi partai Gerindra tersebut.

Baca Juga: Dua Pekan Lebih Isolasi Mandiri, Bagaimana Kabar Anies Baswedan?

2. Anies umumkan dirinya positif pada 1 Desember 2020

Sebulan Isolasi Mandiri, Anies Baswedan Sembuh dari COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selama ini, Riza sebelumnya rajin memberikan informasi terkait kondisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjalani isolasi mandiri.

Dia sempat menyinggung, selama menjalani isolasi mandiri, Anies dalam kondisi yang baik-baik dan stabil

Anies sudah hampir sebulan menjalani isolasi mandiri setelah mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada pada Selasa, 1 Desember 2020.

3. Kronologi Anies tertular COVID-19

Sebulan Isolasi Mandiri, Anies Baswedan Sembuh dari COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panggilan video dengan keluarganya saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Terpaparnya Anies diketahui publik hanya berselang dua hari setelah wakilnya, Ahmad Riza Patria, terinfeksi virus ini. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mendapat hasil tes negatif pada swab yang dijalani Rabu, 25 November 2020.

Namun karena Riza terkonfirmasi positif beberapa hari setelahnya, Anies kembali melakukan tes COVID-19 berupa swab antigen pada Minggu, 29 November 2020 dengan hasil negatif.

Sehari berselang, Anies pun menjalani tes COVID-19 lagi pada Senin, 30 November 2020. Hal itu dilakukan karena ia ingin mengonfirmasi hasil swab antigen sebelumnya. Anies menyatakan diri positif COVID-19 pada Selasa, 1 Desember 2020. 

"Ternyata dini hari saya dapat kabar kalau hasilnya positif, hasil tes PCR saya positif COVID-19," kata dia melalui video yang diunggahnya di media sosial.

"(Saya) Isolasi mandiri di rumah dinas, di mana saya akan tinggal sendiri, sementara keluarga akan tetap tinggal di rumah pribadi," kata Anies.

Baca Juga: Anies Resmikan Lapangan Latih JIS, Berstandar FIFA Lho!

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya