Segera Disulap Jadi Ikon Baru Jakarta, Anies Bangun Pasar Senen 

Akan ada 40 lantai gabungan tempat usaha dan hunian

Jakarta, IDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri kegiatan groundbreaking area blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (10/3/2021). Pembangunan area ini ditargetkan rampung pada kuartal kedua tahun 2022 yakni sekitar April-Juni 2022.

Bangunan baru Pasar Senen Blok VI dikembangankan dengan mixed use yang terdiri dari 40 lantai, di mana 5 lantai digunakan untuk pasar, 3 lantai gedung parkir, dan 32 lantai digunakan untuk hunian. Luas bangunan keseluruhan 88.065,35 meter persegi.

Baca Juga: Respons Anies Baswedan Masuk Daftar 21 Heroes 2021 Bareng Elon Musk

1. Bakal ada ruang pelatihan pedagang hingga ruang laktasi dan PAUD

Segera Disulap Jadi Ikon Baru Jakarta, Anies Bangun Pasar Senen Gubernur DKI Jakarta Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, menghadiri kegiatan groundbreaking area blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (10/3/2021) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Rencananya, lantai pasar akan digunakan sebagai tempat usaha bagi pedagang eksisting dan pedagang baru. Sedangkan hunian rencananya bakal dibangun sebanyak 574 unit. Namun, tahap awal pembangunan fokus pada bangunan pasar dan area parkir setinggi delapan lantai.

Untuk proses konstruksi pembangunan (groundbreaking) dimulai menggunakan alat pancang jenis Hydraulic Static Pile Driver (HSPD Hidraulik Jack) untuk mengurangi polusi lingkungan, polusi udara, dan gangguan terhadap lingkungan sekitar.

Adapun fasilitas yang terdapat di bangunan baru Pasar Senen Blok VI berupa:
1. Sarana parkir untuk mobil, motor, dan sepeda yang luas dan memadai
2. Eskalator dan lift di setiap sudut bangunan
3. Fasilitas ibadah
4. Ruang pertemuan dan pelatihan bagi pedagang
5. Ruang laktasi
6. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
7. Poliklinik
8. Pengawasan CCTV 24 jam

2. Diharapkan jadi ikon baru sentra perdagangan Ibu Kota, selain Pasar Tanah Abang

Segera Disulap Jadi Ikon Baru Jakarta, Anies Bangun Pasar Senen Pengunjung melintasi salah satu toko di Pasar Baru, Jakarta, Senin (8/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan normal baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Anies mengatakan, kawasan ini sangat vital karena berada dalam area transit oriented development. Anies berharap, pembangunan ini bisa menghadirkan ikon baru sentra perdagangan di Ibu Kota, selain Pasar Tanah Abang.

"Jadi, insyaallah tahun depan kita bisa berkumpul kembali di sini untuk sama-sama menghadiri proses peresmiannya. Tadi ada satu yang disampaikan tentang ini sebuah konsep transit oriented development, dan kita di Jakarta sedang menggeser pola pembangunan yang awalnya hanya berbasis car oriented development," ujar Anies dalam keterangannya, Rabu.

Menurut Anies, sistem pembangunan car oriented development selama ini hanya mengandalkan kendaraan pribadi sebagai media untuk mobilitas. Sementara itu, untuk transit oriented development bisa memanfaatkan aspek transportasi umum.

3. Bangunan baru Pasar Senen bisa tampung 2.511 tempat usaha

Segera Disulap Jadi Ikon Baru Jakarta, Anies Bangun Pasar Senen Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, menghadiri kegiatan groundbreaking area blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu (10/3/2021) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Direktur Umum Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, lokasi pembangunan sangat strategis karena di kelilingi banyak fasilitas umum mulai dari terminal bus, stasiun KRL, hingga halte Transjakarta.

Luas lokasi pasar yang akan dibangun sebesar 14.860 meter persegi, sehingga bisa menampung 2.511 unit tempat usaha.

"Para pedagang di sini juga sangat kooperatif dengan kami untuk membantu wujudkan pembangunan, dan kami sangat senang dengan kolaborasi tersebut. Kita berharap proses pembangunan berjalan lancar, sehingga target pada kuartal tahun 2022 bisa terwujud," kata Arief Nasrudin.

Baca Juga: [FOTO] Anies Pamer Potret Warna Warni Pasar Senen, JPO Pakai Lift!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya