Comscore Tracker

Sekretaris Pribadi Klarifikasi Video Xanana Gusmao Jenguk Habibie

Xanana semula mengundang Habibie ke Timor Leste

Jakarta, IDN Times - Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto menjelaskan terkait video mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao yang menjenguk Presiden ke-3 RI itu sebelum meninggal pada Rabu (11/9) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Rubijanto menjelaskan bahwa Xanana datang karena mantan Presiden Timor Leste tersebut mengundang Habibie untuk datang ke peringatan referendum 20 tahun pada 30 Agustus 2019. Namun, karena Habibie sakit, Xanana yang kemudian datang ke Jakarta.

Rubijanto juga mengatakan bahwa Habibie telah keluar masuk rumah sakit beberapa kali.

"Itu sebelum yang kelima masuk ke rumah sakit. Bulan Agustus tahun ini," kata Rubijanto di Rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) malam.

Kedatangan Xanana ke rumah sakit adalah untuk membicarakan ketidakhadiran Habibie di acara tersebut.

"Di Timor Leste sudah disiapkan acara yang cukup berterima kasih dari Timor Leste, dari beliau bisa merdeka," ujar Rubijanto.

Kedekatan Habibie dan Xanana ketika masa Habibie menjabat sebagai Presiden dan menghendaki seluruh tahanan politik termasuk Xanana dibebaskan.

"Dengan demikian Xanana sangat berterima kasih karena beliau tak tahu menahu tiba-tiba dikeluarkan Pak Habibie. Kita bayangkan betapa terharunya Pak Xanana dengan kebijakan Pak Habibie," tutur Rubijanto.

Baca Juga: Viral, Video Xanana Gusmao Nangis dan Peluk Habibie yang Sakit 

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya