Semper Barat Jakut Micro-Lockdown Usai 20 Orang Positif COVID-19

Sebanyak 119 warga Semper Barat menjalani tes PCR

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 20 warga Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara, terkonfirmasi positif COVID-19. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, jumlah tersebut didapat dari hasil tes massal. Total ada 119 orang yang dites PCR dan didapatkan 20 orang positif COVID-19.

"Ada 20 kasus positif dari 119 PCR di Semper Barat positif ratenya 17 persen, jadi memang kami di beberapa titik yang kami rasakan ada peningkatan penularan dilakukan peningkatan tes PCR," kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2021).

Baca Juga: Klaster Perkantoran Naik, Wagub DKI: Memang Ada Sejumlah Pelonggaran

1. Penyebab penularannya masih dikaji

Semper Barat Jakut Micro-Lockdown Usai 20 Orang Positif COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Riza mengatakan penyebab penularan masih dikaji, apakah dari silaturahmi, Lebaran atau kegiatan lainnya. Pihaknya sejauh ini masih melakukan upaya 3T yakni tracing, testing dan treatment.

2. Mikro lockdown diberlakukan di wilayah ini

Semper Barat Jakut Micro-Lockdown Usai 20 Orang Positif COVID-19Riza Patria bersama Anies Baswedan dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Kini, wilayah itu sedang dalam keadaan lockdown untuk RT tempat tinggal warga yang terpapar COVID-19. Micro-lockdown dilakukan mulai dirasakan hasilnya.

"Kebijakan pak Presiden, pak Jokowi ya terkait micro lockdown sesuatu yang baik dan kita rasakan hasilnya di Jakarta, seluruh Indonesia semakin membaik. Namun demikian tetap harus didukung diikuti dengan kehati-hatian kewaspadaan," ujar Riza.

3. Jaga tradisi silaturahmi di tengah pandemik

Semper Barat Jakut Micro-Lockdown Usai 20 Orang Positif COVID-19Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) memberi salam usai pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4/2020). Pada pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 oleh DPRD DKI Jakarta, politisi Gerindra Ahmad Riza Patria memperoleh 81 suara sedangkan politisi PKS Nurmansyah memperoleh 17 suara sedangkan dua suara tidak sah (ANTARA FOTO/Deka Wira S)

Dengan adanya kondisi ini, Riza meminta agar warga mulai menjaga tradisi yang ada di tengah pandemik COVID-19. Silturahmi, menurut Riza, tetap bisa dipelihara tetapi tidak dengan berkontak fisik secara langsung. Silaturahmi bisa dilakukan melalui teknologi yang ada dan tidak mengurangi substansinya.

"Jangan harus apa-apa harus ketemu fisik sekarang zamannya sudah online, belanja online, rapat online zoom, acara-acara kegiatan dilakukan secara online," kata Riza.

Baca Juga: 32 ASN Gedung Sate Positif COVID-19 Usai ke DKI, Wagub Riza Buka Suara

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya