Senin Pertama Usai Libur Natal, Pengguna KRL Turun 3 Persen

Pagi ini ada 134 ribu orang naik KRL

Jakarta, IDN Times - Libur Natal 2021 telah berakhir. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melaporkan pada Senin (27/12/2021) layanan KRL Jabodetabek kembali beraktivitas seperti biasa. Data KAI Commuter pukul 08.00 WIB pagi ini ada 134.227 orang yang naik KRL. 

“Angka ini turun 3 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama yaitu 137.791 orang,” ujar dia.

1. Volume pengguna KRL di Stasiun Bogor naik 12 persen

Senin Pertama Usai Libur Natal, Pengguna KRL Turun 3 PersenSuasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Anne juga melaporkan, di Stasiun Bogor ada 10.846 orang yang naik KRL atau bertambah 12 persen dibanding pekan lalu di waktu yang sama.

Sementara di Stasiun Bekasi tercatat ada 8.171 orang atau berkurang 6 persen dibanding waktu yang sama pekan lalu. 

Baca Juga: Strategi RSUP Persahabatan Hadapi Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Nataru

2. Ada peningkatan pengguna KRL dari penumpang musiman

Senin Pertama Usai Libur Natal, Pengguna KRL Turun 3 PersenSituasi jalur KRL Rangkasbitung-Tanah Abang. (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Anne mengatakan, meski volume pengguna KRL turun, namun secara rata-rata pada libur natal dan tahun baru ini terdapat peningkatan volume pengguna yang berasal dari pengguna musiman, pengguna yang hendak bepergian bersama keluarga, dan mereka yang sebelumnya lama.

Pihaknya mengimbau para pengguna terutama yang membawa anak usia lima tahun ke atas agar memastikan putra-putrinya tetap mengikuti protokol kesehatan dan selalu berada dalam pengawasan orang tua.

"Demikian juga barang bawaan agar jangan sampai tertinggal atau hilang, pastikan tetap berada dalam pengawasan dan jangkauan kita. Selanjutnya jika memerlukan bantuan, dapat segera menghubungi petugas di stasiun maupun kereta atau contact center 24 jam melalui telepon ke 121," ujar dia.

3. KAI Commuter tetap beroperasi dengan seribu perjalan per hari

Senin Pertama Usai Libur Natal, Pengguna KRL Turun 3 PersenSuasana KRL rute Bogor/Depok-Jakarta Kota (IDN Times/Rohman Wibowo)

Di masa libur Natal dan Tahun Baru ini, KAI Commuter tetap beroperasi mulai pukul 04.00-22.00 WIB dengan 1.005 perjalanan per hari. 

Pada jam sibuk pagi yakni 04.00-09.00 WIB KAI Commuter menyediakan 309 perjalanan, sedangkan di jam sibuk sore 16.00-20.00 WIB menyediakan 241 perjalanan. 

“Bagi pengguna yang masih bepergian dengan KRL agar dapat menyesuaikan waktu perjalanan dengan memanfaatkan perjalanan KRL diluar jam sibuk,” ujar Anne.

Baca Juga: 21 Ribu Pengunjung Berwisata di Ancol pada Libur Natal 2021

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya