Singa Putih Terlihat Lemas di Faunaland, Ini Penjelasan Pengelola

Faunaland tetap merawat satwa-satwa catat

Jakarta, IDN Times - Direktur Operasional Faunaland, Ancol, Adam Makalani angkat bicara terkait video viral memperlihatkan singa putih yang disebut dalam kondisi lemas dan terjatuh saat berjalan. Adam menyebut, ada kesalahpahaman dalam narasi pada video viral tersebut.

Adam menjelaskan, singa bernama Thori itu sedang menjalani perawatan karena memiliki cacat bawaan lahir yakni feline hip dysplasia.

"Kami ingin mengklarifikasi kesalahpahaman yang sedang beredar di media sosial terkait kondisi Thori, seekor singa yang sedang menjalani perawatan di sini. Kami ingin menegaskan bahwa singa sedang dalam perawatan khusus karena cacat bawaan lahir (feline hip dysplasia), keadaan ini sayangnya hanya terjadi kepada Thori di mana keluarga Thori singa-singa putih lain sangat sehat dan kondisi yang prima," kata Adam dalam keterangannya, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: Beberapa Fakta Diungkap Saksi di Persidangan Satwa Terbit Rencana

1. Video viral di media sosial

Singa Putih Terlihat Lemas di Faunaland, Ini Penjelasan PengelolaTangkapan layar gambaran seekor singa putih di Faunaland, Ancol yang lemas dan jatuh saat berdiri. (instagram.com/CaptureJakarta)

Sebuah video memperlihatkan singa putih di Faunaland, Ancol, viral di media sosial. Dalam video itu, singa tersebut terlihat lemas dan beberapa kali terjatuh. Video tersebut salah satunya diunggah akun Instagram @capturejakarta. Ada tiga singa dalam rekaman video itu, satu di antaranya terlihat beberapa kali terjatuh.

"Seorang pengunjung tak sengaja merekam salah satu dari tiga Singa Putih yang terlihat lemas di area yang Faunaland, Ancol, Jakarta Utara Senin (29/5). Tak hanya terlihat lemas, Singa itu pun juga terlihat beberapa kali terjatuh. Belum diketahui penyebab mengapa Singa Putih itu terlihat lemas dan beberapa kali terjatuh," tulis keterangan pada akun @capturejakarta. 

Baca Juga: Libur Lebaran 2023, Ragunan Tiadakan Hari Libur Satwa 

2. Satwa cacat tidak diakhiri hidupnya tetapi dirawat

Singa Putih Terlihat Lemas di Faunaland, Ini Penjelasan PengelolaWisata di kebun binatang Bandung. IDN Times/Galih Persiana

Direktur Operasional Faunaland, Ancol, Adam Makalani menjelaskan, dalam aturan Faunaland, setiap satwa cacat memiliki hak dan kesempatan hidup. Pihaknya tidak pernah memilih opsi eutanasia atau mengakhiri hidup satwa-satwa cacat.

"Kami juga memilki satwa-satwa cacat lain titipan milk negara seperti macan tutul jawa yang hanya memiliki tiga kaki maupun burung dengan sayap cacat dll. Semua satwa cacat tersebut kami rawat dengan penuh kasih sayang dan pengobatan yang tidak murah," kata dia.

Baca Juga: Dikunjungi Ribuan Orang, Satwa di Ragunan Dipastikan Tak Bakal Stres

3. Faunaland punya tim dokter hewan

Singa Putih Terlihat Lemas di Faunaland, Ini Penjelasan PengelolaDokter hewan melakukan nekropsi tubuh Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) di UPTD Rumah Sakit Hewan Sumatera Barat, di Padang, Selasa (16/5/2023). Seekor Harimau Sumatera diperkirakan berusia dua tahun itu mati usai terkena jerat babi di Jorong Tikalak, Tanjung Beringin, Pasaman, pada Selasa (16/5/2023) dan dibawa ke Padang untuk dilakukan nekropsi (pembedahan) sekaligus penguburan. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Pihaknya sangat menyayangkan adanya informasi yang memunculkan sentimen negatif di kalangan masyarakat. Adam mengatakan, Faunaland memiliki tim dokter hewan, zoologist, dan perawat memberikan perawatan medis kepada hewan.

Adam meminta agar masyarakat tidak buru-buru membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang belum lengkap atau potongan video.

"Kami ingin menekankan bahwa Faunaland memiliki tim dokter hewan, zoologist dan perawat yang berdedikasi yang dengan penuh kasih sayang memberikan perawatan medis menyeluruh dan dukungan yang tidak tergoyahkan kepada semua hewan yang kami rawat. Kami dengan tulus ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menunjukkan perhatian yang besar terhadap satwa di Faunaland," kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya