Survei IPO: Anies Paling Kuat di Pilpres 2024, Geser Prabowo

Ganjar dan Sandiaga berada di bawah Anies

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) mengungkapkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi tertinggi dalam peta kekuatan kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, menjelaskan Anies mendapatkan angka 15,8 persen capaian suara responden yang paling banyak untuk maju sebagai calon presiden. Nama Anies bahkan menggeser Prabowo Subianto.

"Faktanya, Pak Prabowo tidak lagi mendominasi dalam catatan IPO. Yang mendominasi masih Anies Baswedan dengan 15,8 persen," kata Dedi diskusi virtual Polemik Trijaya bertajuk 'Evaluasi Kabinet & Peta Politik 2024' seperti dikutip IDN Times melalui akun YouTube MNC Trijaya, Minggu (11/4/2021).

1. Setelah Anies, ada Ganjar hingga Sandiaga

Survei IPO: Anies Paling Kuat di Pilpres 2024, Geser PrabowoSandiaga Uno di Purwakarta (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Baca Juga: Survei Indikator: Ganjar, Prabowo, dan Anies, Capres Unggulan di 2024

Dedi menjelaskan bahwa ada nama lain yang bertengger setelah Anies yakni nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 12,6 persen. Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 9,5 persen.

"Ridwan Kamil 7,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 7,1 persen, baru kemudian Prabowo Subianto," kata dia. 

2. Dari kabinet, Prabowo masih populer

Survei IPO: Anies Paling Kuat di Pilpres 2024, Geser PrabowoANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dia mengatakan Menteri Pertahanan Prabowo memang bukan dari politikus generasi muda. Namun, dominasi di Partai Gerindra dan posisinya di kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan nilai lebih.

“Kalau dilihat dari kabinet, sebetulnya yang paling berpotensi dan populer memang mau tidak mau adalah Prabowo Subianto,” ujar Dedi.

3. Elektabilitas Mahfud MD dan Moeldoko 0 persen

Survei IPO: Anies Paling Kuat di Pilpres 2024, Geser PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dari sisi kabinet, selain Prabowo, survei IPO juga mencatat nama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memiliki elektabilitas 4 persen. Kemudian Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebesar 1,5 persen.

Selain itu, terdapat nama Ahmad Syaikhu 3,8 persen, Ahmad Heryawan 2,3 persen, Puan Maharani 1,6 persen, Said Aqil Siradj 0,9 persen, Khofifah 0,8 persen, Zulkifli Hasan 0,7 persen, Gatot Nurmantyo 0,5 persen, Ma’ruf Amin 0,5 persen, dan Muhaimin Iskandar 0,2 persen. 

"Suharso Monoarfa, Mahfud MD, Pak Moeldoko, tidak memperoleh persepsi sama sekali," kata dia.

Angka ini didapatkan dari survei yang dilakukan IPO pada 10-22 Maret dan berlanjut lagi hingga 4 April 2021. Total ada 1.200 responden yang turut serta dalam survei tersebut. 

Baca Juga: PDIP Tunggu Titah Megawati Soal Calon Presiden 2024

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya