Susunan Petugas Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT RI di Istana

Presiden Jokowi mengenakan setelan jas dan peci

Jakarta, IDN Times - Upacara penurunan bendera Merah Putih telah dilaksanakan pada Senin (17/8/2020) sore. Melansir dari Sekretariat Presiden, upacara penurunan bendera dilaksanakan oleh Tim Merauke di halaman Istana Merdeka.

Pada momen penurunan bendera terlihat presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenakan setelan jas dan peci. Dia bertindak sebagai inspektur upacara penurunan bendera. 

Sejumlah pejabat juga terlihat hadir di Istana Negara mulai dari Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis hingga Ketua DPD La Nyala Matalitti.

1. Tiga anggota Paskibraka yang bertugas dalam upacara penurunan bendera

Susunan Petugas Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT RI di IstanaUpacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Negara pada Senin (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sosok yang dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih saat upacara penurunan bendera adalah putri daerah dari Sumatera Utara yakni Sylvia Kartika Putri.

Dia bertugas bersama dengan Sudrajat Prawijaya dari Provinsi Bengkulu yang didapuk sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan Muhammad Asri Maulana dari Provinsi Kalimantan Selatan yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Baca Juga: Profil 3 Paskibraka Terpilih dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana

2. Kombes Christ Reinhard Pusung sebagai Komandan Upacara

Susunan Petugas Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT RI di IstanaKomandan upacara penurunan bendera merah putih pada HUT ke-75 RI, Kombes Pol Christ Reinhard Pusung (Instagram.com/Christpusung97)

Sedangkan yang bertugas selaku selaku Komandan Upacara ialah Kombes Pol. Christ Reinhard Pusung, S.I.K.

Dia adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1997. Pria kelahiran Manado, 21 Desember 1975 tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Satuan Tugas Wilayah Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

3. Brigadir Jenderal TNI Syafruddin kembali bertugas jadi perwira upacara penurunan bendera

Susunan Petugas Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT RI di IstanaUpacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Negara pada Senin (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Perwira Upacara sore akan tetap dilakukan oleh Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr. (Han), dia sebelumnya juga sudah melaksanakan tugas sebagai Perwira Upacara pengibaran Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka, pada Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dia adalah lulusan Akademi Militer tahun 1989. Pria kelahiran Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

4. Upacara pengibaran bendera dilakukan oleh Tim Sabang

Susunan Petugas Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT RI di IstanaSuasana Istana Negara saat pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin, (17/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sudah dilaksanakan oleh  Tim Sabang.

Tim ini terdiri dari Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh sebagai pembawa bendera, Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera, dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Kemudian, Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. didapuk sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Baca Juga: Bersama Cucu, SBY Ikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya