Tabloid Anies Beredar di Masjid Malang, Isinya Tentang Kinerja Semua

Tabloid ini dibuat oleh KBA News

Jakarta, IDN Times - Tabloid Anies Baswedan nampak beredar di sebuah masjid di Kota Malang, Jawa Timur. Seorang pengguna media sosial membagikan potret tabloid yang berisi sejumlah pembahasan dengan foto Anies Baswedan yang terpampang di halaman depan. Tabloid ini tertulis dikeluarkan oleh KBA Newspaper.

Diketahui, Tabloid Anies ini didapat oleh jamaah Masjid Al Amin, Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Malang.

“Kaget di rumah ada tabloid kek gini. Isinya cuma tentang @aniesbaswedan. Oalah. Taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin,” tulis akun @AkuAtikaFaya dilansir Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: AHY-Anies-JK Kondangan Bareng, Demokrat Singgung Sinyal Jodoh

1. Tabloid Anies diduga sebagai model kampanye, entah positif atau sebaliknya

Tabloid Anies Beredar di Masjid Malang, Isinya Tentang Kinerja SemuaTangkapan layar tabloid KBA News berisi konten Anies Baswedan dibagikan di masjid (Twitter/@AkuAtikaFaya)

Pengunggah menyoroti dan menduga ada indikasi kampanye dari penyebaran tabloid Anies ini melalui rumah ibadah dan usai agenda Salat Jumat. Walau diketahui belum tentu pula tabloid ini bernuansa positif bagi Anies, dan bisa saja dibuat oleh lawan politiknya untuk menyudutkannya.

“Keknya model kampaye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang,” ujar pengunggah.

Dari gambar yang diunggah, terlihat beberapa tajuk artikel dengan membahas kinerja Anies. Saat dilihat secara daring, tabloid ini ternyata juga tersedia dalam e-paper atau koran elektronik. Total ada 12 halaman yang seluruh isinya membahas tentang Anies Baswedan.

2. Klaim sebagai kantor berita, namun hanya produksi berita soal Anies Baswedan

Tabloid Anies Beredar di Masjid Malang, Isinya Tentang Kinerja SemuaTangkapan layar tabloid KBA News berisi konten Anies Baswedan (KBANews.com)

Saat IDN Times telusuri, ternyata tabloid KBA News ini memiliki situs sendiri, namun mengklaim sebagai kantor berita yang memproduksi berita-berita positif, namun hanya untuk satu sosok yakni Anies Rasyid Baswedan.

“KBA adalah kantor berita yang memproduksi berita-berita positif, informasi mencerahkan tentang pemimpin masa depan: Anies Rasyid Baswedan (ABW). Gagasan, narasi, dan karya mengenai ABW –yang muncul dan hadir di mana-mana– ingin kami hadirkan, hadirkan kembali , serta kami produksi dan dokumentasikan di KBA News,” tulis KBA News dalam situsnya.

Baca Juga: PKS Sambut Baik Kesiapan Anies Baswedan Maju Jadi Capres

3. Tidak ada alamat redaksi

Tabloid Anies Beredar di Masjid Malang, Isinya Tentang Kinerja SemuaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panggilan video dengan keluarganya saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Selain itu, tidak ada alamat redaksi yang tertera, hanya ada alamat email. Saat ditelusuri di situs resmi Dewan Pers terkait data perusahaan tidak ada KBA News Media Group atau KBA ditemukan di kolom pencarian.

Dijelaskan juga bahwa KBA News ini didirikan oleh Drs Ramadhan Pohan, MIS, jabatannya ditulis sebagai Founder atau CEO serta Chief Editor dengan nama Haz Pohan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya