Comscore Tracker

Tahun Baru di Depan Mata, Romo Benny: Harus Jadi Momentum Kerukunan

Paska pilpres, ruang publik harus lebih positif

Jakarta, IDN Times - Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny berharap tahun 2020 dapat menjadi momentum menuju tahun yang penuh kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

"Setelah Pilpres selesai saatnya ruang publik diisi dengan energi positif, mewujudkan persaudaran sejati," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (31/12).

1. Persatuan Komunitas lintas Agama

Tahun Baru di Depan Mata, Romo Benny: Harus Jadi Momentum KerukunanANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Romo Benny juga berharap agar Komunitas lintas Agama dapat merajut persaudaraan lewat dialog kehidupan, karya, dan teologis untuk menyejahterahkan masyarakat.

"Agama harus bersatu untuk mengatasi persoalan ketimpangan sosial dan menggunakan alat komunikasi modern untuk mempererat tali persaudaraan," ujar dia.

2. Pancasila jadi semangat pembaharuan

Tahun Baru di Depan Mata, Romo Benny: Harus Jadi Momentum KerukunanIlustrasi (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Tahun baru, kata, Romo Benny, dapat menjadi langkah pembaharuan tata kelola pemerintah yang punya etos kerja serta komitmen tata kelola pemerintah yang punya nilai adab.

"Nilai adab adalah mengaktualisasikan nilai Pancasila menjadi ideologi yang memberi roh kebijakan dan tata kelola dalam pengambilan kebijakan," kata dia.

Pancasila, kata dia harus menjadi semangat pembaharuan dalam keadaban politik, ekonomi, budaya hingga sistem pendidikan.

3. Agama jadi inspirasi perwujudan nilai konstitusi

Tahun Baru di Depan Mata, Romo Benny: Harus Jadi Momentum KerukunanIDN Times/Aji

Dirinya juga berharap agar Agama dapat menjadi inspirasi tumbuhnya opitimisme bangsa untuk mewujudkan nilai-nilai konstitusi, mulai dari masyarakat yang cerdas, sejahtera dan memiliki jati diri sebagai bangsa yang bisa mewujudkan tata keadaban publik

Baca Juga: Jika Baru Belajar, Kamu Perlu Tahu 8 Tip Meditasi untuk Pemula Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya