Comscore Tracker

Tanpa Ada Gejala, 23 Warga Penjaringan Ternyata Positif Virus Corona

Mereka positif dan bersatus orang tanpa gejala (OTG)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 23 orang warga Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Hal ini disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati. 

"Mereka merupakan pasien positif orang tanpa gejala (OTG) yang telah melalui uji swab," ujar Yudi seperti dilansir melalui Antara, Sabtu (30/5).

Baca Juga: 51 Orang di Jakarta Positif COVID-19, Terbanyak di Jakarta Selatan!

1. Tidak punya riwayat penyakit yang menunjukkan COVID-19

Tanpa Ada Gejala, 23 Warga Penjaringan Ternyata Positif Virus CoronaTim RSUD PPU saat di Rusunawa Penajam Paser Utara lokasi karantina PDP dan ODP COVID-19 (Dok.BPBD PPU)

Dia menjelaskan bahwa warga tersebut dinyatakan positif setelah melalui penelusuran kontak virus corona dari Suku Dinas Kesehatan. Warga tersebut tidak memiliki indikasi atau gejala apapun yang menunjukkan COVID-19.

Selain itu, mereka juga tidak memiliki indikasi penyakit bawaan seperti jantung atau sesak napas sehingga dimasukkan dalam kategori OTG.

2. Sebanyak 19 orang jalani perawatan di RS, sisanya isolasi mandiri

Tanpa Ada Gejala, 23 Warga Penjaringan Ternyata Positif Virus CoronaIlustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Yudi menjelaskan, 19 warga telah dirujuk ke rumah sakit. Mereka dirujuk karena ada anggota keluarga yang memiliki risiko tertular tinggi, seperti balita dan lansia serta orang dengan penyakit menahun.

"Sebanyak 19 orang dari mereka telah dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Sementara empat lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," kata dia.

3. Tercatat 7.153 orang positif COVID-19 di DKI Jakarta

Tanpa Ada Gejala, 23 Warga Penjaringan Ternyata Positif Virus CoronaKepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Hingga Sabtu (30/5) ini, Pemerintah DKI Jakarta menyebutkan ada 7.153 orang positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti memaparkan, 2.003 orang dinyatakan telah sembuh dan 519 orang meninggal dunia akibat virus corona. 

Baca Juga: Fraksi PKS DPRD DKI: New Normal di Jakarta Bisa Jadi Bom Waktu

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya