Comscore Tracker

Tema HUT ke-494 DKI Jakarta Bangkit, Ini Maknanya Menurut Anies

Tahun lalu tema HUT Jakarta Tangguh

Jakarta, IDN Times - Jakarta tengah mempersiapkan hari jadi yang ke-494 dan jadi tahun kedua peringatan HUT Kota Jakarta yang digelar di tengah pandemik.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, pihaknya mengusung tema semangat dan optimisme kebangkitan. Tema "Jakarta Bangkit" dipilih sebagai tema HUT ke-494 Kota Jakarta.

"Tahun ini kita rayakan dengan tema 'Bangkit' setelah tahun lalu temanya adalah 'Tangguh', karena kita menjalani masa penuh cobaan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: Anies Baswedan Diisukan Punya Rumah Mewah dari Gratifikasi Reklamasi 

1. Tahun lalu Jakarta dalam masa ujian dan tantangan yang relatif baru

Tema HUT ke-494 DKI Jakarta Bangkit, Ini Maknanya Menurut AniesPencanangan HUT ke-494 Kota Jakarta. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Secara seremonial, Anies membuka dan meresmikan pencanangan HUT ke-494 Kota Jakarta di Balai Kota Jakarta. Dalam sambutannya, dia menjelaskan bagaimana Ibu Kota telah melalui setahun melawan pandemik, seluruh aspek di Jakarta, kata dia, mengalami kontraksi karena pembatasan interaksi.

“Tahun lalu, kita dalam masa ujian dan tantangan yang relatif baru, karena baru kali ini kita berhadapan dengan wabah, jadi tahun kemarin kita ambil tema 'Tangguh', kita tengok ke belakang bahwa tahun kemarin semua kegiatan landai baik ekonomi, sosial dan budaya, sehingga kalau diilustrasikan kurvanya menurun,” kata Anies dalam sambutannya.

2. Jakarta sedang dalam masa menuju kebangkitan

Tema HUT ke-494 DKI Jakarta Bangkit, Ini Maknanya Menurut AniesPencanangan HUT ke-494 Kota Jakarta. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam tema ini, terdapat semangat dan optimisme, bahkan Anies berharap kebangkitan Jakarta akan lebih baik lagi daripada masa sebelum Ibu Kota menghadapi pandemik. Selain itu, kata dia, Jakarta sedang dalam menuju kebangkitan.

“Melalui imunitas kolektif lewat vaksinasi dan infeksi, Jakarta akan bangkit dan Jakarta besok akan lebih baik dari sebelum pandemik,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

3. DKI siapkan acara HUT secara virtual

Tema HUT ke-494 DKI Jakarta Bangkit, Ini Maknanya Menurut AniesPencanangan HUT ke-494 Kota Jakarta. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan rangkaian acara peringatan yang diadakan secara virtual, sehingga masyarakat umum dapat menikmati perayaan ini dari rumah masing-masing.

Sementara, rangkaian acara HUT ke-494 Kota Jakarta sudah dimulai sejak April 2021 dengan sejumlah rangkaian acara.

Baca Juga: Cek Harta Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Siapa Terkaya?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya