Terbaring Sakit, Ini Perjalanan Habibie Sebagai Presiden RI Tersingkat

Habibie kini dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal BJ Habibie kembali terbaring di rumah sakit. Kabar Habibie dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto muncul sejak Minggu (8/9) malam, namun belum diketahui indikasi penyakit apa yang membuat dia dirawat.

Melalui pesan singkat, Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menyatakan Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia era Presiden Megawati Soekarnoputri itu, sedang menjalani perawatan intensif dari Tim Dokter Kepresidenan (TKD).

Habibie merupakan Presiden ke-3 RI, yang sebelumnya menjabat Wakil Presiden ke-7 RI, menggantikan Try Sutrisno. Lalu dia menggantikan Soeharto yang mundur dari jabatannya pada Mei 1998.

Baca Juga: Inspirasi Nama Anak dari Keenam Cucu B. J. Habibie

1. Presiden RI dengan masa jabatan tersingkat

Terbaring Sakit, Ini Perjalanan Habibie Sebagai Presiden RI TersingkatANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Habibie merupakan presiden dengan masa jabatan tersingkat, yakni dua bulan tujuh hari. Dia menjadi presiden saat keadaan di Tanah Air sedang kacau balau pasca-lengsernya Soeharto masa Orde Baru.

Pasca-dilantik, Habibie langsung membentuk kabinet, guna mengembalikan kondisi perekonomian Indonesia. Tugas penting Habibie adalah mendapatkan kembali dukungan dari Dana Moneter Internasional dan komunitas negara-negara donor.

2. Kebijakan politik Habibie

Terbaring Sakit, Ini Perjalanan Habibie Sebagai Presiden RI TersingkatANTARA FOTO/Andika Wahyu

Selama menjabat sebagai presiden RI, Habibie memiliki kebijakan politik seperti membebaskan rakyat untuk menyalurkan aspirasi. Karena itu, banyak partai politik baru bermunculan hingga ada sekitar 48 partai baru saat itu.

Dilansir dari berbagai sumber, Habibie juga membebaskan narapida politik seperti Sri Bintang Pamungkas, yang dipenjara karena mengkritik Soeharto, dan membebaskan Muchtar Pakpahan yang dituduh memicu kerusuhan Medan 1994.

3. Memotong nilai tukar Rupiah terhadap Dollar

Terbaring Sakit, Ini Perjalanan Habibie Sebagai Presiden RI TersingkatANTARA FOTO/Ismar Patrizki

Presiden Habibie juga mampu memotong nilai tukar rupiah ke dolar hingga Rp6500 per dolar ketika akhir masa pemerintahannya. Dia juga berhasil menerapkan independensi Bank Indonesia, untuk lebih fokus mengurusi perekonomian.

4. Kontroversi kepemimpinan Habibie

Terbaring Sakit, Ini Perjalanan Habibie Sebagai Presiden RI TersingkatANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Habibie dianggap memiliki kesalahan, karena memperbolehkan adanya rederendum Provinsi Timor Timur yang saat ini menjadi Timor Leste. Pada masa kepemimpinannya, Timor Leste resmi berpisah dari NKRI dan menjadi negara terpisah pada 30 Agustus 1999.

5. Pasca-menjadi Presiden

Terbaring Sakit, Ini Perjalanan Habibie Sebagai Presiden RI TersingkatANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Setelah melepas jabatan menjadi presiden, Habibie sempat tinggal di Jerman. Namun, pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ia kembali aktif sebagai penasihat presiden dan mendirikan Habibie Center pada November 1998.

Baca Juga: Istana: Keadaan Habibie Membaik Pagi Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya