Comscore Tracker

Terpapar Radiasi Nuklir, Warga Batan Indah Serpong Jalani Pemeriksaan

Dikhawatirkan ada kontaminan yang masuk dalam tubuh

Jakarta, IDN Times - Area terpapar radioaktif di Komplek Batan Indah Serpong, Tangerang Selatan sedang dalam proses pembersihan.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) juga berencana akan melakukan pengecekan badan warga setempat untuk mengantisipasi adanya paparan radioaktif.

"Untuk melihat apakah ada kontaminan radioaktif yang masuk dalam tubuh," ujar Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Bapeten, Abdul Qohhar, di Komplek Batan Indah, Serpong, Minggu (16/2).

1. Pengecekan dilakukan dengan cara sampling

Terpapar Radiasi Nuklir, Warga Batan Indah Serpong Jalani PemeriksaanKepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Bapeten Abdul Qohhar (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Bapeten Abdul Qohhar mengatakan bahwa warga komplek Batan Indah yang berada di sekitar area paparan akan menjalani pengecekan yang dinamakan whole body check (WBC).

Pengecekan badan dilakukan dengan cara sampling. Serta kemungkinan sampling yang diambil berasal dari warga yang berada paling dekat dengan area terpapar.

"Untuk itu, rencananya besok (Senin), yang sudah disampaikan oleh pimpinan juga, dari warga ini akan di-sampling untuk melakukan tes yang namanya WBC," ujar dia.

Baca Juga: Tim Gegana Sisir Radiasi Nuklir di Serpong, Area Berbahaya Diperluas

2. Jika terpapar akan ada treatment khusus

Terpapar Radiasi Nuklir, Warga Batan Indah Serpong Jalani PemeriksaanPembersihan limbah nuklir di kompleks Batan Indah Serpong, Tangsel, Banten. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pengecekan ini dilakukan guna mencari tahu apakah ada masyarakat yang terpapar radioaktif atau tidak. Pemeriksaan WBC nantinya akan dilaksanakan oleh petugas Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Abdul juga menjelaskan bahwa WBC dilakukan agar zat radioaktif yang masuk ke tubuh seseorang dapat terlihat apakah masih dalam batas aman atau sudah melewatinya.

"Kalau di bawah batas, itu oke berarti ya. Kalau melebihi batas, ini harus ada treatment lagi," katanya.

Namun Abdul tidak menjelaskan treatment apa yang dimaksud jika ada warga yang memang terpapar radiasi.

3. Limbah masih dalam proses pembersihan

Terpapar Radiasi Nuklir, Warga Batan Indah Serpong Jalani PemeriksaanIDN Times/Muhamad Iqbal

Bapeten telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian guna mencari tahu asal limbah radioaktif tersebut berasal. Nantinya Bapeten dan kepolisian akan melakukan pengumpulan keterangan di lokasi kejadian.

Kini limbah tersebut masih dalam proses pembersihan lebih lanjut, menurut pantauan IDN Times terlihat sejumlah petugas berpakaian khusus masih melakukan pembersihan, nantinya limbah akan diletakan di drum-drum yang sudah disediakan dan dibawa ke Batan.

Baca Juga: Polisi dan Bapeten Buru Oknum Pembuang Limbah Radioaktif di Serpong

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya