Terungkap, Tersangka Pembunuhan Rinaldi Belajar Mutilasi dari YouTube

Korban dimutilasi setelah dibunuh beberapa hari

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri mengungkapkan fakta baru dari kasus mutilasi manajer muda Rinaldi Harley Wismanu (RHW) yang jasadnya ditemukan di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Yusri menjelaskan bahwa tersangka mutilasi yakni Laeli Atik Supriyatin (LAS), 27 tahun, dan Djumaidi Al Fajar (DAF), 26 tahun, sempat mempelajari cara memutilasi dari tayangan video YouTube.

"Dia belajar dari YouTube. Saya pertegas lagi. Ini temuan pada saat kita rekonstruksi," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (21/9/2020).

1. Proses pemotongan jasad korban dilakukan dua kali

Terungkap, Tersangka Pembunuhan Rinaldi Belajar Mutilasi dari YouTubeRilis kasus mutilasi di Apartemen Kalibata City (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Yusri menjelaskan bahwa setelah membunuh Rinaldi pada 9 September 2020, jasad korban didiamkan selama tiga hari di Apartemen Pasar Baru Mansion, Jakarta Pusat.

Kemudian, timbul keinginan untuk memutilasi korban, namun tersangka tidak tahu caranya. Maka dari itu, mereka mempelajarinya dari YouTube.

"Nanti tanggal 12 September pagi dia datang, karena sudah belajar dari YouTube, dia membawa parang untuk mutilasi. Tanggal 12 itu dia mutilasi bagian bawah dan kedua tangan," kata Yusri.

Kemudian, tanggal 13 tersangka kembali menyelesaikan sisa potongan yang lain sekaligus membersihkan tempat kejadian perkara (TKP).

Baca Juga: Fakta Pembunuhan dan Mutilasi Rinaldi, dari Tinder Berujung Maut

2. Korban berkenalan dengan tersangka perempuan melalui aplikasi Tinder

Terungkap, Tersangka Pembunuhan Rinaldi Belajar Mutilasi dari YouTubeRekonstruksi kasus pembunuhan dan mutilasi RHW (Dok. Istimewa)

Salah satu tersangka yakni Laeli berkenalan dengan Rinaldi lewat aplikasi pencarian pasangan, Tinder. Rinaldi dan tersangka Laeli kemudian memesan kamar di Apartemen Pasar Baru Mansion, Jakarta Pusat sejak 7-12 September 2020.

Pada, 9 September 2020 korban dan Laeli masuk kamar dan langsung berhubungan intim. Sedangkan tersangka Fajar yang sudah bersembunyi di kamar mandi, kemudian menyerang korban dengan batu bata serta gunting. Dalam keadaan sekarat, Rinaldi diperas harta bendanya. 

3. Kasus ini berawal dari laporan orang hilang

Terungkap, Tersangka Pembunuhan Rinaldi Belajar Mutilasi dari YouTubeRilis kasus mutilasi di Apartemen Kalibata City (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Kasus ini berawal dari adanya laporan orang hilang dari keluarga Rinaldi. Pria yang bekerja sebagai manajer di sebuah perusahaan itu hilang sejak 9 September 2020. Setelah ditelusuri, Rinaldi ditemukan di Apartemen Kalibata City Tower Eboni lantai 16, Jakarta Selatan dalam keadaan meninggal dunia dan dimutilasi. Jasadnya diletakkan di dalam koper.

Dua sejoli tersangka pelaku pembunuhan berencana ini dijerat dengan pasal berlapis mulai dari Pasal 338, 340, hingga 365, dengan ancaman hukuman mati. Keduanya masih ditahan di Polda Metro Jaya.

Saat ini dua sejoli tersebut masih dalam penahanan di Polda Metro Jaya dan rencananya akan menjalani pemeriksaan psikologis.

Baca Juga: Laeli Tersangka Mutilasi Rinaldi, Dulu Mahasiswa Pintar Ikut Olimpiade

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya