Tidak Langsung ke KPK, Lukas Enembe Dibawa ke RSPAD Dulu

Lukas Enembe tiba di Jakarta sekitar pukul 20.45 WIB

Jakarta, IDN Times - Kabag Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengungkapkan, Gubernur Papua Lukas Enembe tidak akan langsung diboyong ke Gedung Merah Putih KPK, begitu tiba di Jakarta.

Lukas Enembe terlebih dulu akan menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Dari bandara direncanakan nanti akan dilakukan pemeriksaan lebih dahulu ya di RSPAD," kata Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (10/1/2023) malam.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan Lukas, karena KPK ingin menjunjung hak asasi manusia, serta hak kesehatan Lukas Enembe.

"Prosedur hukum juga harus kami lakukan," katanya.

Orang nomor satu di Bumi Cendrawasih itu diperkirakan bakal tiba di Jakarta pada pukul 20.45 WIB dan pesawatnya akan mendarat di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

"Terkait dengan perkembangan dari penangkapan tersangka LE perlu kami sampaikan perkembangannya, jadi memang benar saat ini masih dalam perjalanan ya dari transit Manado, dan kemudian menuju Jakarta. Diperkirakan nanti pesawat sekitar 20.45 mendarat di Soekarno-Hatta," ujar Ali.

Gubernur Papua dua periode (2013-2018 dan 2018-2023) Lukas Enembe sudah ditetapkan menjadi tersangka di KPK sejak 5 September 2022 dalam dugaan kasus penerimaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua. KPK juga menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka sebagai tersangka. 

Baca Juga: Lukas Enembe Ditangkap, Jokowi: Semua Sama di Mata Hukum

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya