Tidak Semua Bekas Tambang Jadi Buruk, Tempat-Tempat Ini Buktinya!

Tambang-tambang ini jadi tempat wisata

Tangerang, IDN Times - Indonesia Writers Festival 2019 mengundang Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) yang membahas keadaan pertambangan di Indonesia. Ketua Bidang Knowledge Sharing, Dr. Stephanie Saing, membahas bahwa tambang yang biasanya identik dengan pengerukan dan meninggalkan jejak, tidak semuanya menjadi buruk. Ternyata banyak tambang sekarang keadaannya menjadi sangat cantik dan menarik wisatawan.

1. Tebing Breksi, Yogyakarta

Tidak Semua Bekas Tambang Jadi Buruk, Tempat-Tempat Ini Buktinya!instagram.com/mfauzanirawan

Tebing Breksi berada di Sambirejo, Sleman, Yogyakarta. Tebing ini adalah bekas tambang batu. Batuan tebing merupakan lava dari gunung api purba yang menggumpal jutaan tahun lamanya. Penambangan dihentikan karena tebing ini telah masuk ke lokasi Candi Hijau.

Baca Juga: PERHAPI Klaim Tambang PT Freeport Terindah Sedunia

2. Danau Kaolin, Belitung

Tidak Semua Bekas Tambang Jadi Buruk, Tempat-Tempat Ini Buktinya!Instagram.com/indie.fotoproject

Masih ingat dengan film Laskar Pelangi?

Ternyata terdapat danau bekas tambang yang kini dapat jadi destinasi wisata. Danau ini berada di Perawas, Tanjungpandan, Belitung. Air dari danau ini berwarna biru tosca dan dihiasi dengan bukit-bukit kecil bekas penambangan.

3. Danau Blingoh, Jepara

Tidak Semua Bekas Tambang Jadi Buruk, Tempat-Tempat Ini Buktinya!Instagram.com/@adam9aluh

Danau Blingoh merupakan tempat bekas penambangan batu kapur. Danau ini memiliki warna air hijau tosca. Danau Blingoh terletak di Kecamatan Donorejo, Jepara.

Danau Blingoh merupakan lokasi penambangan ilegal, bekas penambangan yang terbentuk kemudian terisi air sehingga menyerupai danau.

4. Bukit Jaddih, Madura

Tidak Semua Bekas Tambang Jadi Buruk, Tempat-Tempat Ini Buktinya!instagram.com/exploremadura

Bukit Jaddih merupakan tambang kapur yang berada di Bangkalan, Madura. Bukit Jaddih hingga saat ini masih difungsikan menjadi tambang. Namun, ada sebuah kolam air yang dijadikan kolam berenang. Kolam renang ini terbentuk karena penggalian yang menghasilkan sumber air.

Baca Juga: 3 Hal tentang Pertambangan di Indonesia yang Perlu Diketahui Millenial

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya