Comscore Tracker

Tinjau Check Point, Wagub DKI Jakarta Klaim Warga Bisa Bekerja Sama

Kata Riza PSBB dilakukan untuk melindungi warga

Jakarta, IDN Times - Guna menekan arus orang menuju Jakarta pasca-Lebaran, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau sejumlah lokasi check point pemeriksaan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Riza memeriksa jalan inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur. Riza mengklaim bahwa kondisi pengawasan berjalan dengan aman. Menurut dia, masyarakat kini juga sudah memiliki kesadaran yang baik terkait PSBB dan bisa diajak bekerja sama.

"Setelah pantauan di beberapa titik, memang terus kami tingkatkan. Petugas kami memiliki integritas (dan) disiplin yang baik, berkat dukungan semua. Sejauh ini masyarakat bisa bekerja sama dengan baik, karena memang kita semua menyadari bahwa penyebaran dari COVID-19 ini harus segera kita akhiri," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (1/6).

1. Penjagaan tidak untuk mengurangi kebebasan masyarakat

Tinjau Check Point, Wagub DKI Jakarta Klaim Warga Bisa Bekerja SamaRiza Patria bersama Anies Baswedan dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Riza menjelaskan sebelumnya ia sudah melakukan sidak bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mereka memeriksa beberapa titik check point PSBB dan check point Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Ada check point atau titik-titik pemeriksaan petugas, ada Dishub, Satpol PP, polisi, TNI juga relawan masyarakat. Semata-mata bukan untuk mengurangi kebebasan, tapi justru dalam rangka melindungi seluruh warga Jakarta dan sekitarnya, warga daerah lainnya," kata dia.

Baca Juga: Cerita Pemudik Lolos ke DKI Tanpa SIKM, Benarkah Aturan Ditegakkan?

2. Penjagaan di beberapa check point dinilai berdampak positif

Tinjau Check Point, Wagub DKI Jakarta Klaim Warga Bisa Bekerja SamaWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan PSBB di sejumlah check point (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Menurut Riza cara pemeriksaan ini terbilang baik di tengah pandemik COVID-19, untuk mencegah masyarakat di ibu kota.

Sebagaimana diketahui, terdapat dua lokasi check point, yakni check point penerapan aturan PSBB seperti pembatasan jumlah penumpang dalam satu kendaraan, serta penggunaan masker, dan check point pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta.

Sejumlah ruas jalan, mulai dari jalan arteri hingga jalan tol juga telah dijaga petugas kerja sama TNI dan Polri. Mreka memeriksa kendaraan yang melintas sesuai payung hukum yang berlaku.

3. Wagub DKI mengimbau masyarakat tetap tertib hingga PSBB Jakarta berakhir

Tinjau Check Point, Wagub DKI Jakarta Klaim Warga Bisa Bekerja SamaWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan peninjauan PSBB di sejumlah check point (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Wagub DKI juga mengimbau kepada masyarakat Jakarta, agar terus mematuhi PSBB yang masih berkalu di DKI Jakarta hingga 4 Juni mendatang.

Karena menurut dia, kolaborasi dari semua pihak dibutuhkan untuk mempercepat pengendalian pandemik COVID-19, khususnya di wilayah Jakarta.

"Kalau kita lihat dari angka penurunan ini, ada angka-angka yang positif menurun. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan masyarakat lebih patuh, lebih disiplin," kata Riza.

Baca Juga: Wagub DKI: Jika Kasus COVID-19 Meningkat, Terpaksa PSBB Diperpanjang

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya